4 pekerja tambang Sawahlunto tertimbun 50 meter

Senin, 27 Januari 2014 - 16:42 WIB
4 pekerja tambang Sawahlunto tertimbun 50 meter
4 pekerja tambang Sawahlunto tertimbun 50 meter
A A A
Sindonews.com - Empat korban tambang ledakan tambang batu bara Dusun Data Gulandi, di Desa Batu, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, pada Jumat 24 Januari 2014, mulai menemukan titik terang.

Kapolres Sawahlunto AKBP Moehammad Syafrial mengatakan, informasi dari saksi yang keluar dari lubang tambang, posisi empat korban itu tertimbun. “Posisi mereka tertimbun sedalam 50 meter,” katanya, kepada wartawan, Senin (27/1/2014).

Saat ini, Tim SAR sedang berupaya mengeluarkan empat korban tersebut. “Situasi saat CO2 dan gas metan masih sangat membahayakan. Ditambah lagi kondisi lubang masih labil, banyak batu-batuan yang berjatuhan dalam lubang tersebut,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar Yazid Fadli mengatakan, selama tiga hari melakukan evakuasi, kesulitan Tim SAR adalah banyaknya gas metan yang terus keluar dari dalam timbunan.

“Kondisi gas metan dalam lubang ledakan tambang terus meningkat. Tim saat ini sedang menyusun strategi baru untuk mengevakuasi para korban yang masih dalam lubang tersebut," terangnya.

Ditambahkan dia, salah satu solusi yang diambil pihaknya adalah dengan membuat lubang kedua dan memasang blower untuk mengeluarkan gas metan. Gas metan yang terus keluar, katanya, sangat berbahaya.

Jika tak diakali dengan strategi khusus, pihaknya khawatir akan menimbulkan korban jiwa baru. "Gas metan tinggi itu tidak bisa dilawan. Apalagi kondisi lubang itu runtuh, sehingga tim harus kerja ekstra keras,” tuturnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8223 seconds (0.1#10.140)