Pengamanan ketat pengukuhan Wali Nanggroe Aceh

Minggu, 15 Desember 2013 - 16:56 WIB
Pengamanan ketat pengukuhan Wali Nanggroe Aceh
Pengamanan ketat pengukuhan Wali Nanggroe Aceh
A A A
Sindonews.com – Pelantikan mantan Petinggi Gerakan Aceh Merdeka (GAM) Malik Mahmud sebagai Wali Nanggroe Aceh, mendapat pengamanan khusus. Kepolisian mengerahkan 1.158 personel untuk mengamankan acara itu.

"250 diantaranya anggota TNI dari Kodim dan bataliyon. Selebihnya dari kita (polisi),” kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Gustav Leo saat dihubungi wartawan, Minggu (15/12/2013).

Berbagai persiapan sedang dituntaskan untuk pengukuhan Wali Nanggroe di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Senin (16/12) besok. Beberapa tenda penampung tamu dan TV monitor sudah berdiri di halaman gedung yang berada di jalan Daud Beureuh, Banda Aceh.

Hari ini gedung itu disterilkan, beberapa polisi sudah mulai berjaga-jaga. Seremoni pengukuhan diperkirakan akan dihadiri 5 ribu orang.

Gustav mengatakan, selain Polri dan TNI, pengaman juga dibantu seratusan Satpol PP. Pengamanan bukan hanya di dalam halaman dan gedung DPRA, tapi juga di sekitarnya termasuk Meuligoe (pendopo) Gubernur Aceh.

Untuk memudahkan pengamanan, selama berlangsungnya pengukuhan, pihaknya akan menutup sementara untuk umum Jalan Daud Beureuh mulai dari Simpang Lima hingga Simpang Jambo Tape. Arus jalan ini akan dialihkan ke beberapa jalan lain.

Selain TNI, Polri dan Satpol PP, kabarnya sejumlah mantan kombatan GAM juga akan ikut membantu pengamanan secara langsung pelantikan Malik Mahmud yang dalam kalangan GAM dikenal sebagai Perdana Menteri.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3751 seconds (0.1#10.140)