Sariban: Indonesia merdeka, lingkungan hidup belum merdeka

Minggu, 18 Agustus 2013 - 00:01 WIB
Sariban: Indonesia merdeka, lingkungan hidup belum merdeka
Sariban: Indonesia merdeka, lingkungan hidup belum merdeka
A A A
Di Kota Bandung, sosok Sariban begitu familiar. Pria 70 tahun itu dikenal sebagai aktivis lingkungan hidup dan pembersih sampah di Kota Bandung.

Setiap hari, ia berkeliling ke berbagai sudut Kota Bandung untuk membantu membersihkan sampah yang berserakan. Sampah yang dilihatnya selalu dipastikan akan dipungut dan dibuang ke tempat yang semestinya.

Pak Iban, demikian ia biasa disapa, hari ini hadir di sela peringatan HUT Kemerdekaan RI di sekitar Lapangan Gasibu, Kota Bandung. Di saat yang lain berkumpul untuk mengikuti upacara, Pak Iban asyik memunguti sampah dan mengingatkan warga untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Tanpa lelah, ia terus berkeliling ke sudut-sudut tempat di sekitar sana. Sebab sampah berserakan dimana-mana.

"Jangan buang sampah sembarangan. Kalau buang sampah ke tempatnya, biar lingkungan tetap indah," ujar Pak Iban mengingatkan warga, Sabtu (17/8/2013).

Sementara ketika disinggung soal makna kemerdekaan, Pak Iban menjawab lugu.

"Buat saya merdeka itu secara pribadi tidur nyenyak, sandang, pangan, dan papan cukup, bisa bantu orang lain. Karena susah mengartikan merdeka itu," ungkapnya.

Tapi ia buru-buru menyambung penjelasannya soal makna kemerdekaan yang lebih luas. Secara umum, ia menyebut Indonesia memang sudah merdeka sejak 17 Agustus 1945. Tapi ada hal lain yang belum merdeka di mata Pak Iban.

"Indonesia memang sudah merdeka, tapi lingkungan hidup belum merdeka," tegasnya.

Ia lalu bercerita soal kondisi lingkungan hidup di Indonesia yang makin hari makin buruk. Yang paling disorotinya adalah sikap sebagian masyarakat yang masih gemar membuang sampah sembarangan.

"Sampah masih berserakan di mana-mana. Kalau sudah bebas sampah (yang berserakan), itu baru dikatakan merdeka. Masyarakat kita belum bisa menahan diri untuk membuang sampah sembarangan," tuturnya.

Yang mengherankan, masyarakat sudah tahu apa dampak dari buang sampah sembarangan. Tapi menurutnya hal itu terus dilakukan.

Justru di tengah momen peringatan kemerdekaan Indonesia, Pak Iban mengajak masyarakat untuk lebih sadar dan tergerak lagi agar tidak buang sampah sembarangan.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6184 seconds (0.1#10.140)