Besok, KPU gelar pleno rekapitulasi Pilkada Mamasa

Besok, KPU gelar pleno rekapitulasi Pilkada Mamasa
Ilustrasi (Dok Istimewa)
A+ A-
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaupaten Mamasa, akan menggelar rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mamasa. Sesuai jadwal, pleno rekapitulasi suara tersebut akan digelar, Jum’at, (14/6), besok.

Ketua KPU Mamasa, Yakof Solon, mengatakan, pelaksanaan pleno rekapitulasi perhitungan suara hasil Pilkada Mamasa, akan dilaksanakan di Aula Mini, milik Pemkab Mamasa.

Yakof menuturkan, pada prinsipnya, rekapitulasi suara pada rapat pleno KPU Mamasa akan mengacu pada data hasil perhitungan suara ditingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS)S dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) beberapa waktu lalu.

Setelah proses rekapitulasi suara selesai, KPU akan langsung menetapkan hasilnya. Dalam hal ini, jika salah satu dari tujuh pasangan telah mendapatkan suara 30 persen ke atas, maka akan langsung ditetapkan sebagai calon terpilih.

Sebaliknya, jika diantara tujuh calon tidak ada yang memenuhi 30 persen, maka KPU akan memilih dua pasangan calon untuk ditetapkan ikut pada putaran kedua.

“Jadi, nanti kalau ada satu calon yang sampai meraih 30 persen akan langsung ditetapkan sebagai calon terpilih, dan jika tidak ada yang sampai 30 persen, akan dipilih dua calon untuk putaran kedua,” singkat Yakof ketika dihubungi SINDO, Kamis, (13/6/2013).

Ketika ditanya soal adanya tuntutan pendukung pasangan calon beberapa waktu lalu untuk digelar pencoblosan ulang di wilayah III, Yakof mengaku tidak bisa melaksanakan begitu saja.

KPU sebagai lembaga independen yang melaksanakan Pilkada akan bertindak sesuai dengan aturan yang ada.“KPU akan tetap jalan sesuai aturan perundang-undangan dan tidak bisa diintervensi oleh pihak manapun,” tegas Yakof.

dibaca 2.124x
halaman ke-1 dari 2
Top