Pipa meledak, jadi pelajaran bagi penjarah minyak

Kamis, 04 Oktober 2012 - 08:57 WIB
Pipa meledak, jadi pelajaran bagi penjarah minyak
Pipa meledak, jadi pelajaran bagi penjarah minyak
A A A
Sindonews.com - Meledaknya pipa minyak milik PT Elnusa di Dusun Srimaju, Kelurahan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sulsel) Rabu dini hari 3 Oktober jadi pelajaran buat para penjarah minyak mentah. Penjarah minyak mentah tersebut sangat berbahaya.

Kapolres Muba, Toto Wibowo mengatakan jika kejadian ini bisa menjadi pelajaran warga sehingga tidak lagi menjarah barang yang bukan miliknya. Jika ada tumpahan minyak hendaknya dilaporkan kepada pihak berkompeten seperti kepala desa dan aparat keamanan. Bukan turun menjarah dan menjual minyak mentah terebut.

“Kita ketahui jika kejadian ini sudah lama dan minyak mentah Elnusa tersebut dicuri dengan cara melubangi pipanya,” tandas Toto menjelaskan kepada wartawan, Kamis (4/10/2012).

Menurut Kapolres, pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut namun dugaan sementara dikarenakan ada punting rokok sehingga memicu ledakan dan terbakar.

“Tadi sudah datang dari Tim Labfor Polda Sumsel untuk pengembangan penyelidikan dan kita tunggu saja hasilnya,” terangnya.

Sedangkan pihaknya masih melakukan pemeriksaan terhadap para saksi dan telah melakukan evakuasi korban. Namun menurut Kapolres, kejadian ini menjadi momentum bagi warga untuk tidak melakukan aksi penjarahan.

Toto mengingatkan kembali kepada warga desa agar menghentikan aksi penjarahan minyak mentah. Sebab menurutnya kejadian ini bukan saja terjadi di tempat tesebut namun juga di tempat lain yang jumlahnya mencapai puluhan titik. Diduga minyak mentah itu dibawa ke Palembang dan dikirim luar negeri seperti Singapura, China dan lainnya. Toto menilai lobang penampungan minyak mentah merupakan modus baru, dan dianggap sebagai sumur minyak yang legal diambil warga, padahal itu minyak curian.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6022 seconds (0.1#10.140)