alexa snippet

Oknum PNS Bandung Barat Terlibat Penipuan Calo CPNS

Oknum PNS Bandung Barat Terlibat Penipuan Calo CPNS
Seorang oknum PNS Kabupaten Bandung Barat berinisal LS (46) diduga terlibat dalam tindak penipuan rekruitment penerimaan CPNS. Ilustrasi PNS/Dok SINDOnews
A+ A-
BANDUNG - Seorang oknum PNS Kabupaten Bandung Barat (KBB) berinisal LS (46) diduga terlibat dalam tindak penipuan rekruitment penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Hal tersebut, setelah Polres Cimahi menetapkannya sebagai tersangka.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) KBB Sudibyo membenarkan bahwa nama tersangka tercatat sebagai PNS KBB yang bekerja di Kantor Kecamatan Cihampelas sebagai salah satu pelaksana di bawah naungan Kasi Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantib).

"PNS, sebagai pelaksana dibawah Trantib di Kecamatan Cihampelas," kata Sudibyo saat dikonfirmasi wartawan di Ngamprah.

Kendati demikian, Dikatakan Sudibyo, saat ini pihaknya memerintahkan kepada Camat Cihampelas untuk membuat laporannya agar sesegera mungkin bisa mengklarifikasi atas adanya laporan ini. "Saat ini saya perintahkan camat untuk membuat laporan agar nanti bisa kita klarifikasi," timpalnya.

Sebelumnya, ratusan warga dari berbagai daerah di Jawa Barat diduga terkena tipu rekrutment penerimaan CPNS. Mereka dijanjikan bekerja di berbagai instansi pemerintahan di Jawa Barat dengan syarat menyetorkan sejumlah uang  kepada para pelaku.

Dugaan penipuan ini terungkap, setelah pada Kamis 12 Januari lalu sekitar 400 orang warga mendatangi Gedung Sate, Kota Bandung. Mereka datang dengan menggunakan seragam khas pegawai negeri sipil lengkap dengan bet "Dinas Provinsi Jawa Barat".

Mereka mengaku datang, lantaran mendapat undangan untuk mengikuti pembekalan oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan selama 10 hari kedepan. Hal itu, membuat petugas keamanan dalam Gedung Sate bingung karena kegiatan tersebut tidak ada.

Atas kejadian tersebut, Sekretaris Satpol PP Jabar Sapta Yulianto Dasuki yang berada di lokasi saat itu, langsung memfasilitasi warga yang diduga menjadi korban penipuan CPNS itu ke Polrestabes Bandung bersama dua orang yang diduga sebagai koordinator kegiatan.

Dari dua koordinator tersebut, salah satu diantaranya, yakni LS dketahui sebagai PNS di Kabupaten Bandung Barat yang saat ini statusnya sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Cimahi.



(sms)
views: 6.005
loading gif
Top