Angin Ribut, Kapal Tongkang Terang 304 Terseret lalu Tabrak Dermaga

Selasa, 22 November 2016 - 12:58 WIB
Angin Ribut, Kapal Tongkang Terang 304 Terseret lalu Tabrak Dermaga
Angin Ribut, Kapal Tongkang Terang 304 Terseret lalu Tabrak Dermaga
A A A
BATAM - Kapal Tongkang Terang 304 menabrak dermaga Pelabuhan Rakyat Sagulung, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (22/11/2016) pukul 04.00. Kapal tongkang milik PT Trans Pasific Jaya Jakarta itu terseret arus air laut sehingga menabrak dermaga pelabuhan. Akibatnya, dermaga pelabuhan rusak dan aktivitas pelabuhan terganggu.

Informasi yang diperoleh, angin ribut yang melanda sekitar Tanjunguncang menyeret kapal tongkang yang sedang berlabuh di kawasan galangan kapal. Kapal yang baru diperbaiki itu diseret arus laut diperkirakan sejauh dua mil. Diketahui kapal tersebut baru selesai diperbaiki di PT Mercusuar.

Pihak agensi Kapal Terang 304 Ogi mengatakan, posisi kapal sedang berada di galangan kapal Mercusuar. Kapal keluar dari kawasan diseret arus. Pukul 10.30, kapal tongkang tersebut baru bisa dikeluarkan dari dermaga dengan bantuan dua kapal tugboat.

"Kapal diseret angin kencang dari galangan kapal mercusuar, sudah siap dikeluarkan dan sudah selesai diperbaiki. Masih dicek kondisi fisik pelabuhan yang rusak. Ini sudah dikeluarkan, supaya tidak mengganggu aktivitas masyarakat," kata Ogi di Pelabuhan Rakyat Sagulung.

Tokoh masyarakat pelabuhan Zainuddin menyampaikan baru kali ini terjadi kapal tongkang menabrak dermaga pelabuhan. Menurutnya, kapal tersebut terseret angin kencang. Keberadaan kapal tongkang ini sangat mengganggu aktivitas pelabuhan, terutama dermaga bongkar muat dan Pelabuhan Boat Pancung.

"Untung saja pelabuhan yang ditabrak, kalau sempat rumah warga habislah semua," ujarnya.

Kapolsek Batuaji Kompol Sujoko menyampaikan, setelah mendapat informasi kejadian, pihaknya langsung mendatangi lokasi. "Kapal sudah berlabuh tetapi diseret sama air. Tidak ada korban jiwa. Untuk penanganan diserahkan kepada syahbandar," kata Sujoko.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9428 seconds (0.1#10.140)