Berikan Bisikan Baik dan Jahat, Inilah Penjelasan Ilmiah Soal Suara Batin

Selasa, 20 Juni 2023 - 12:43 WIB
loading...
Berikan Bisikan Baik dan Jahat, Inilah Penjelasan Ilmiah Soal Suara Batin
Sains menjelaskan cara mengenali suara batin atau (inner voice). FOTO/ MEDIUM
A A A
JAKARTA - Setiap orang tentu pernah bermonolog di dalam pikiran atau terkadang manusia nembaca atau mendengar bisikan dari hati yang terkadang baik atau jahat.



Selama membaca dalam hati pula, kita mulai bisa mengenali “suara batin” kita (inner voice). Suara batin itulah yang disebut dengan ruh, iman, cahaya, atau nur.

Oleh karena itu setiap manusia, dilahirkan di manapun memiliki rasa yang sama. Rasa itulah merupakan karunia Tuhan yang diberikan secara sama, dan seharusnya selalu dipelihara.

Seperti dilansir dari The Conversations, mendengar adanya inner voice atau suara batin saat kita membaca adalah hal yang relatif lumrah.

Bahkan, sebuah penelitian menemukan bahwa 4 dari 5 orang mengatakan mereka sering atau selalu mendengar adanya suara batin ketika mereka membaca dalam hati.

Ada juga yang mengatakan bahwa ada banyak jenis suara batin. Suara batin kita bisa jadi adalah suara kita sendiri: Mungkin saja suara itu terdengar mirip dengan cara kita berbicara atau mungkin sama seperti suara lisan kita. Atau, bisa jadi suara itu punya nada atau warna nada yang sama sekali berbeda.

Sebuah penelitian terhadap pembaca dewasa menemukan bahwa suara yang kita dengar di dalam kepala bisa berubah tergantung pada apa yang sedang kita baca.

Terdapat 3 jenis inner voice atau suara batin dalam diri manusia.

1. Inner Child

Inner voice pertama adalah inner child, yakni suara yang mewakili ingatan kita pada masa kecil dulu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1313 seconds (0.1#10.140)