Imam Besar New York Shamsi Ali Berbagi Cerita di ITB

Minggu, 14 Agustus 2016 - 12:34 WIB
Imam Besar New York Shamsi Ali Berbagi Cerita di ITB
Imam Besar New York Shamsi Ali Berbagi Cerita di ITB
A A A
BANDUNG - Imam Besar Islamic Center New York, Amerika Serikat, Shamsi Ali, berbagi cerita di Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dia menceritakan, kehidupan umat Muslim di Amerika Serikat. Salah satu yang dibahas adalah proses politik pemilihan kepala daerah di Amerika Serikat yang sangat berbeda dengan di Indonesia.

"Di Amerika partisipasi politik bersifat terus-menerus, bukan sekedar pilih, kemudian selesai. Tapi dikawal terus," ujar Shamsi, Minggu (14/8/2016).

Dia mencontohkan, bagaimana Wali Kota New York mengambil kebijakan membuat peringatan Idul Fitri dan Idul Adha menjadi hari libur. Hal itu karena sang kali kota ketika berkampanye telah berjanji.

Setelah terpilih menjadi wali kota, umat Islam memberi dorongan agar janji itu direalisasikan. Hasilnya, Idul Fitri dan Idul Adha menjadi hari libur di New York.

Dia pun mengungkap pentingnya umat Muslim untuk terlibat aktif dalam partisipasi politik. Sehingga umat Muslim lebih dihargai di sana oleh pemerintah.

"Di Amerika, semakin aktif berpartisipasi politik, semakin dihargai," ungkap Shamsi.

Dia juga membahas seputar perjuangan umat Muslim di Amerika agar menjadi lebih dihargai. Berbagai langkah dilakukan untuk memupus stigma negatif dunia Barat terhadap Islam.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5588 seconds (0.1#10.140)