Diguyur Hujan Rumah dan Sawah di Ciamis Terendam Banjir

Sabtu, 13 Agustus 2016 - 15:30 WIB
Diguyur Hujan Rumah dan Sawah di Ciamis Terendam Banjir
Diguyur Hujan Rumah dan Sawah di Ciamis Terendam Banjir
A A A
CIAMIS - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis sejak Sabtu (13/8/2016) dini hari hingga siang mengakibatkan sungai Citalahab di Dusun Kertajaya, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis meluap. Akibatnya, puluhan rumah warga dan puluhan hektar sawah terendam banjir.

Bukan hanya merendam rumah warga dan pesawahan, banjir juga menggenangi ratusan meter jalan Desa yang menghubungkan Desa Sukahurip dengan Desa Bangunsari. Genangan air bervariasi dari mata kaki sampai sekitar lutut orang dewasa.

"Ada tanggul yang jebol jadi air yang meluap cukup deras sehingga masuk ke puluhan hektar sawah yang siap panen, juga masuk ke jalan desa," ujar Syahrun tokoh masyarakat setempat.

Kata dia, puluhan hektar sawah yang terendam banjir itu siap panen namun karena kebanjiran dipastikan sebagian rusak dan hasil panen tidak akan maksimal.

Sebagian warga yang biasa melintasi ruas jalan desa untuk mengantarkan anaknya sekolah dan beraktifitas terpaksa harus memutar jalan dengan waktu tempuh yang cukup jauh.

"Alirannya cukup deras jadi banyak yang memutar karena takut terjatuh, tetapi ada juga sebagian warga yang memaksa melintas," ucapnya.

Warga lainnya, Baehaqi menambahkan banjir kali ini merupakan yang paling parah, meski sering terjadi banjir namun hanya genangan-genangan kecil air yang naik ke jalan, namun kali ini sangat besar.

"Masyarakat sekarang turun untuk membersihkan sampah supaya aliran air lancar dan tidak ada genangan," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5424 seconds (0.1#10.140)