Longsor di Purworejo, 2 Wanita Tewas, 5 Masih Hilang

Sabtu, 06 Februari 2016 - 09:18 WIB
Longsor di Purworejo, 2 Wanita Tewas, 5 Masih Hilang
Longsor di Purworejo, 2 Wanita Tewas, 5 Masih Hilang
A A A
PURWOREJO - Dua dari tujuh orang yang tertimbun longsor di Desa Penungkulan, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah ditemukan tewas sementara lima lainnya masih belum ditemukan. Dua perempuan sudah dievakuasi dalam kondisi tewas masing-masing; Suprapti (45) dan Yulianti (8).

Sementara lima lainnya yang belum ditemukan; Salimah (60); Triyanto (9); Sumini (80), Fitri (16) dan Amat Sarengat (80).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, petugas gabungan pada Jumat malam menghentikan pencarian karena kondisi gelap. Pencarian dilanjutkan Sabtu (6/2/2015) pagi ini. Petugas gabungan berasal dari BPBD Purworejo, TNI, Polri, SAR, SKPD dan relawan masyarakat.

"Insiden terjadi karena hujan deras berintensitas tinggi dan kondisi tanah yang labil," ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Sabtu (6/2/2016) pagi.

Di Purworejo, hujan deras juga menyebabkan banjir di dua desa. Masing-masing; Desa Rowobayen, Kecamatan Kutoarjo dan Desa Pucangagung, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo. Banjir di sana setinggi 1 meter, membuat 75 orang mengungsi di Mako Brimob Kutoarjo.

"Hujan di bulan Februari masih tinggi, potensi memicu bencana. Masyarakat diimbau untuk waspada ancaman banjir, longsor dan puting beliung. Masyarakat di daerah rawan longsor seperti di bagian tengah dan Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur agar selalu meningkatkan kewaspadaannya," tutup Sutopo.
(eka setiawan)
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3444 seconds (0.1#10.140)