Cara Korlantas Polri Antisipasi Puncak Arus Balik

Minggu, 03 Januari 2016 - 13:01 WIB
Cara Korlantas Polri Antisipasi Puncak Arus Balik
Cara Korlantas Polri Antisipasi Puncak Arus Balik
A A A
SOLO - Korlantas Polri sudah memprediksi puncak arus balik kendaraan terkait berakhirnya libur panjang akan terjadi hari ini.

Kakorlantas Irjen Pol Condro Kirono didampingi oleh Direktur Operasional Jasa Raharja, Budi Rahardjo, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Istiono langsung melakukan pemantauan ke lapangan.

Dimulai dari pantauan arus balik penumpang yang menggunakan bus di Terminal Tirtonadi, Kota Solo. Kakorlantas Polri beserta rombongan, mengecek persiapan petugas pengamanan gabungan Polri dan instansi terkait.

"Diharapkan dengan pantauan dan pengecekan langsung di lapangan ini, kemacetan bisa diminimalisir atau bahkan dihindari dan kecelakaan lalu lintas dapat ditekan fatalitasnya, karena kesiapan dan aktifitas petugas di semua jalur," kata Condro kepada wartawan, di Solo, Minggu (3/1/2016).

Condro menekankan, untuk melakukan pengcekan kondisi kesehatan pengemudi dan syarat tekhnis kelaikan bus sebelum mengangkut penumpang. Jenderal polisi bintang dua ini juga menyempatkan diri berbincang-bincang dengan pengemudi bus dan para penumpang yang akan melakukan perjalanan.

Pemantauan jalur lalu lintas arus balik ini juga diikuti oleh Kapolresta Solo, dan jajarannya, Jasa Raharja serta Dinas Perhubungan Darat dan jajarannya.

Usai melakukan pengecekan di Terminal Tirtonadi, rombongan bergerak ke Stasiun Solo Balapan. Di stasiun kereta api ini, Condro kembali melakukan pengecekan kesiapan jalur arus balik, khususnya jalur kereta api.

Dalam pengecekannya, kepala stasiun menyampaikan ada kenaikan penumpang sebesar 20 persen saat arus balik. Menurut Condro, pemantauan ini akan terus dilakukan sampai di stasiun Purwokerto dan akan dilanjutkan pemantauan arus balik yang menggunakan jalur darat mulai Purwokerto, Bumi Ayu, Prupuk Ciregol, masuk ke Tol Pejagan, Tol Cipali, Tol Cikampek hingga Jakarta. Diprediksi puncak arus balik akan terjadi mulai pukul 15.00 WIB hingga tengah malam nanti.‎
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8311 seconds (0.1#10.140)