Jokowi Janjikan Penyelesaian Kabut Asap Dua Minggu

Jum'at, 09 Oktober 2015 - 20:58 WIB
Jokowi Janjikan Penyelesaian Kabut Asap Dua Minggu
Jokowi Janjikan Penyelesaian Kabut Asap Dua Minggu
A A A
PEKANBARU - Presiden Jokowi menjanjikan penyelesaian bencana kabut asap yang melanda Sumatera selesai dalam dua pekan ke depan.

"Kita targetkan paling dalam dua minggu semua sudah selesai (masalah kebakaran lahan)," kata Jokowi, saat mengunjungi lokasi bekas kebakaran di daerah Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Jumat (9/10/2015).

Untuk mengejar target itu, saat ini semua pasukan dan peralatan dikonsentrasikan ke daerah paling banyak terjadi kebakaran.

Selain dari Indonesia, bantuan asing berupa helikopter dan pesawat juga dikonsentrasikan di daerah yang paling terbakar.

Saat ini Indonesia mendapat bantuan helikopter dan pesawat dari Singapura, Rusia dan China. Peralatan negara-negara tersebut dinilai memiliki alat pemadam kebakaran yang cukup memadai

"Daerah yang paling banyak kebakaran lahan adalah Sumatera Selatan (Sumsel). Jadi semua konsentrasi kesana. Asap yang disini (Riau) berasal dari sana (Sumsel)," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi mengaku telah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Panjaitan untuk segera menangani kebakaran lahan tersebut. "Bila perlu kurang dari dua minggu harus selesai (kebakaran di Sumsel), jadi lebih bagus," timpal Jokowi.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5207 seconds (0.1#10.140)