Kondisi Udara Kota Samarinda Berada di Level Waspada

Jum'at, 11 September 2015 - 14:01 WIB
Kondisi Udara Kota Samarinda Berada di Level Waspada
Kondisi Udara Kota Samarinda Berada di Level Waspada
A A A
SAMARINDA - Kebakaran lahan yang menimbulkan kabut asap pekat makin parah terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim). Sepekan terakhir kabut asap sudah semakin pekat dan mulai mengganggu aktivitas warga, khususnya Kota Samarinda.

Kepala Badan Meteorologi dan Geofisika Kota Samarinda Sutrisno menyebutkan, saat ini kondisi asap di Kota Samarinda sudah mendekati 200 mikrogram per meter kubik. Kondisi ini sudah masuk dalam situasi waspada.

“Jika kabut asap melebihi 250 mikro gram per meter kubik, kondisi udara di Kota Samarinda sudah tidak sehat,” kata Sutrisno, Jumat (11/9/2015).

Dia menambahkan, berdasarkan data dari sejumlah citra satelit, selalu ada penambahan titik api di berbagai tempat di Kaltim. Hal ini tentu berdampak pada makin pekatnya asap.

“Titik api paling banyak berada di Selatan Pulau Kalimantan. Sementara arah angin bertiup ke utara hingga timur laut menuju Kaltim,” katanya.

Sutrisno memprediksi, kabut asap akan semakin pekat karena musim kemarau akibat fenomeno El Nino baru akan berakhir pada Bulan November 2015.

Bahkan, puncak musim kemarau akan terjadi pada Bulan Oktober 2015 mendatang. “Ada peningkatan hotspot dari ke hari. Padahal ini belum puncak musim kemarau,” pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9398 seconds (0.1#10.140)