Kabut Asap, 4 Kabupaten di Riau Liburkan Sekolah

Rabu, 02 September 2015 - 04:06 WIB
Kabut Asap, 4 Kabupaten di Riau Liburkan Sekolah
Kabut Asap, 4 Kabupaten di Riau Liburkan Sekolah
A A A
PEKANBARU - Kabut asap pekat di Riau saat ini sudah berdampak pada aktivitas belajar mengajar. Sejumlah sekolah di beberapa kabupaten terpaksa meliburkan para siswa hingga tiga hari ke depan.

Kebijakan meliburkan sekolah ini karena kondisi udara yang sangat mengkawatirkan. Informasi yang dihimpun, sejumlah kabupaten di Riau mulai Selasa 1 September 2015 kemarin, sudah meliburkan sekolahnya.

Wilayah yang sudah meliburkan siswa yakni Kabupaten Bengkalis, Indragiri Hulu (Inhu), Pelalawan dan Kota Pekanbaru. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pelalawan Mukhlis mengatakan, ebijakan meliburkan sekolah karena kondisi sudah sangat mengkawatirkan terutama pelajar.

"Siswa yang mulai hari ini libur adalah siswa SD, TK dan tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Liburkan akan berlaku selama tiga hari kedepan," ucapnya Selasa 1 September 2015 kemarin.

Hal yang sama juga diungkapkan pihak Pemkab Bengkalis. Salah satu daerah terparah adalah Kota Duri. Kemarin ribuan siswa dari tingkat SD, SMP dan SMP diliburkan.

"Kualitas udara di Kota Duri sudah membahayakan kesehatan. Indeks pencemaran udaranya sudah diatas ambang toleransi. Sudah berada di atas ambang pencemaran 300 Psi. Makanya kita segera koordinasi dengan pejabat Bupati Bengkalis. Sesuai arahan beliau, akhirnya kita instruksikan meliburkan siswa hari ini,"jelas Camat Mandau, Duri Bengkalis, Hasan Basri.

Menurut Hasan Basri, libur ini merupakan instruksi Bupati Bengkalis. Ini melihat kabut asap yang semakin tebal dan rentan menyerang anak sekolah.

Hal yang sama juga dilakukan pihak Pemkab Inhu. Pihak Pemkab juga memerintahkan Dinas Pendidikan untuk meliburkan siswanya karena asap.

"Mulai hari ini murid PAUD, TK dan SD kelas I,II, da tiga libur. Murid masuk jika kondisi asap sudah baik," ucap Sekretaris Dinas Pendidikan Inhu, Winaldi.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4113 seconds (0.1#10.140)