Kawah Gunung Api Dempo Dipasangi CCTV

Sabtu, 01 Agustus 2015 - 07:05 WIB
Kawah Gunung Api Dempo Dipasangi CCTV
Kawah Gunung Api Dempo Dipasangi CCTV
A A A
PAGARALAM - Pemantauan terhadap aktivitas Gunung Api Dempo (GAD) terus dilakukan. Untuk memastikan kondisi GAD petugas memasang CCTV di kawah Gunung Api Dempo. Hal ini agar pemantauan kondisi kawah lebih maksimal.

Petugas Pos Pemantau Gunung Api Dempo Megi mengatakan, pihaknya mengintensifkan pengawasan aktivitas Gunung Api Dempo (GAD).

Pasalnya, Gunung Api Dempo merupakan satu-satunya gunung aktif tipe A di Sumsel.

"Kita memasang Closed Circuit Television (CCTV) di bibir kawah Merapi Dempo. Dengan begitu, pemantauan akan lebih maksimal," ujar dia.

Menurut dia, setiap bulan paling tidak pemantauan beberapa kali dilakukan untk mengecek ke puncak. Jika ada alat ini maka pemantauan langsung bisa lebih jarang dilakukan terkecuali alat rusak dan butuh perbaikan.

Jika terealisasi, katanya, titik pemasangan CCTV hanya satu unit, berjarak relatif dekat dengan kawah Merapi Dempo, sehingga bisa memberi data visual aktivitas magma di kawah Dempo, sekaligus termonitor secara langsung melalui CCTV.

"Sejak statusnya naik menjadi level II atau Waspada, aktivitas Gunung Api Dempo terus dipantau secara intensif," ungkap dia.

Ditambahkannya, saat ini seismograf mencatat sejak seminggu lalu baru terjadi satu kali low frekuensi, satu kali tektonik jauh.

Sedangkan secara visual, angin kencang di puncak Dempo rentang waktu terjadi sejak pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB. Sementara puncak Dempo terpantau cerah.

"Kepada warga dan juga pendaki untuk tetap waspada terhadap gejolak atau fenomena alam yang tidak bisa ditebak ini. Jadi, ketika naik maka harus menjaga diri dengan baik," kata dia.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Pagaralam Herawadi menuturkan, dengan pemasangan alat ini maka pemantauan akan lebih maksimal. Jadi, kondisi kekinian GAD akan terpantau, " jelasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5354 seconds (0.1#10.140)