Tujuh Pendaki Gunung Lawu Dievakuasi via Jalur Cemoro Sewu

Rabu, 29 Juli 2015 - 19:58 WIB
Tujuh Pendaki Gunung Lawu Dievakuasi via Jalur Cemoro Sewu
Tujuh Pendaki Gunung Lawu Dievakuasi via Jalur Cemoro Sewu
A A A
KARANGANYAR - Tim Gabungan dari Badan SAR Nasional dan relawan akhirnya menemukan tujuh pendaki Gunung Lawu yang sebelumnya hilang kontak. Tujuh pendaki tersebut ditemukan dalam kondisi selamat.

Kepala Badan SAR Nasional Semarang Agus Haryono mengatakan, ketujuh pendaki yang satu di antaranya anak di bawah umur itu ditemukan oleh tim di Sendang Drajat. Lokasi itu berada satu kilometer dari puncak Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 3.100 meter di atas permukaan laut.

Menurutnya, saat ditemukan mereka sedang beristirahat secara bersamaan dan tidak berpencar. Kondisi itu cukup memudahkan tim gabungan yang melakukan pencarian yang telah berjuang sejak Selasa (28/7/2015) siang.

"Mereka kita temukan pada pukul 16.30 WIB pada Rabu sore, semua dalam kondisi selamat," ucap Agus Haryono, Rabu (29/7/2015).

Dia mengatakan, ketujuh pendaki itu bakal dievakuasi melalui jalur pendakian Cemoro Sewu Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dipilihnya Cemoro Sewu dikarenakan jarak tempuh itu lebih dekat jika dibandingkan dengan Cemoro Kandang. Jalur Cemoro Sewu lebih curam jika dibandingkan dengan Cemoro Kandang.

Proses evakuasi itu, kata dia, memerlukan waktu sekitar empat jam. Sehingga diperkirakan sebelum Rabu tengah malam evakuasi selesai dilakukan. Setelah tiba, ketujuh pendaki itu bakal diperiksa kesehatannya dan kemudian diserahkan kepada keluarga.

Ia mengatakan butuh waktu sekitar 24 jam dan personel sekitar 103 untuk melakukan proses evakuasi pendaki yang hilang kontak itu.

"Suhu di puncak cukup dingin yakni sekitar empat derajat, ini terjadi karena saat ini puncak musim kemarau," imbuhnya.

Sementara itu Kepala BPBD Karanganyar Nugroho, menyebutkan ketujuh pendaki bernama Abdul (8), Sasi (11), Refi (18), Maya (18) Rizai (18), Puput (18), dan Gabriel (18) itu mendaki pada Sabtu (25/7/2015) siang. Mereka mendaki melalui Jalur Cemoro Kandang Tawangmangu.

Menurutnya, sesuai jadwal seharusnya mereka turun pada Minggu (26/7/2015) lalu. Namun hingga Selasa mereka tak juga turun hingga akhirnya tim melakukan pencarian hingga wilayah Jawa Timur.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8061 seconds (0.1#10.140)