Cegah Titipan, Kota Tegal Gelar PPDB Online

Minggu, 24 Mei 2015 - 23:59 WIB
Cegah Titipan, Kota Tegal Gelar PPDB Online
Cegah Titipan, Kota Tegal Gelar PPDB Online
A A A
TEGAL - Dinas Pendidikan Kota Tegal akan menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online pada tahun ajaran 2015-2016.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Herlien Tedjo Oetami mengatakan, PPDB sistem online akan diberlakukan untuk sekolah-sekolah negeri karena baru pertama dilaksanakan.

"Maunya kita semua sekolah tapi sementara untuk tahun ini hanya untuk sekolah negeri dulu," kata Herlien, Minggu (24/5/2015).

Herlien mengungkapkan, persiapan teknis untuk pelaksanaan sudah dilakukan. Di antaranya penyediaan aplikasi dan jaringan internet yang bekerjasama dengan Telkom.

Namun dia belum dapat memastikan kapan pendaftaran dimulai. "Karena masih menunggu kepastian jadwal tahun ajaran baru untuk SMP dan SMA," ujarnya.

Menurut Herlien, informasi yang diterima dari Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, kegiatan belajar mengajar tahun ajaran baru akan dimulai pada 6 Juli mendatang.

Padahal pengumuman kelulusan tingkat SMP dilakukan pada 10 Juni, sedangkan SD pada 26 Juni. "Kalau benar tanggal 6, waktunya mepet. Jadi kita masih berhitung dan memastikan dulu jadwal tahun ajaran baru," jelas Herlien.

Herlien menyatakan pelaksanaan PPDB online tersebut sudah dikaji sejak tahun-tahun sebelumnya, namun baru bisa direalisasikan tahun ini.

Harapannya proses penerimaan siswa baru di sekolah bisa berlangsung transparan. "Ini kan bisa mencegah titip-menitip dari orangtua calon siswa. Prosesnya bisa dipantau kapan saja dan di mana saja," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0602 seconds (0.1#10.140)