Pasien VIP Merokok, Lantai Tiga RS Elisabeth Baloi Terbakar

Rabu, 20 Mei 2015 - 20:59 WIB
Pasien VIP Merokok, Lantai Tiga RS Elisabeth Baloi Terbakar
Pasien VIP Merokok, Lantai Tiga RS Elisabeth Baloi Terbakar
A A A
BATAM - Suasana Rumah Sakit Elisabeth Baloi mendadak panik, karena, dari kamar VIP lantai tiga terlihat api disertai asap tebal. Penyebab kebakaran itu, dari puntung rokok pasien yang berada di kamar 348.

Menurut Owen saksi mata, sebelum kebakaran sekitar pukul 15.21 WIB, dia sedang menunggu kakaknya di parkiran motor melihat asap putih dari lantai tiga.

Tak lama melihat asap, menyusul dia melihat kobaran api. "Saya yang melihat pertama kali, saat melihat ada api keluar dari lantai tiga. Saya langsung berteriak kebakaran berulang kali," timpalnya.

Awalnya, kata Owen, saat dia berteriak kebakaran tak ada yang percaya. Setelah keamanan rumah sakit datang, barulah terdengar suara sirine dan saat sirine berbunyi, semua pengunjung, perawat dan pasien keluar dari dalam rumah sakit.

Beberapa pasien yang masih terpasang infus dan masih terbaring dievakuasi. "Setelah suara sirine terdengar, semua orang terlihat panik keluar dari rumah sakit," katanya.

Menurut Uni, salah seorang pasien. Sebelum terdengar suara sirine, dia sempat mencium bau gosong.
Tak lama, dia mendengar suara sirine, disertai asap tebal. "Saat melihat asap dan mendengar suara sirine saya langsung keluar," kata Umi.

Pantauan di rumah sakit, puluhan pasien dievakuasi ke Gedung Susteran Fransiskanes Santa Elisabeth (FSE) yang berhadapan dengan gedung rumah sakit yang terbakar.

Bahkan, pasien dari dalam kamar 348 yang terbakar, Harsono, nampak mengalami luka bakar pada bagian punggungnya.

Menurut Kapolsek Lubuk Baja, Kompol I Dewa Nyoman, yang tiba di lokasi kejadian. Untuk mengetahui penyebab kebakaran ini ia masih melakukan penyelidikan.

"Kita akan mencari penyebab kebakaran ini, bersama tim Inafis Polresta Barelang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP)," kata Kapolsek.

Sementara menurut Ketua Yayasan RS Elisabeth, Jhon Kennedy, api berawal dari dalam kamar VIP 348. Penyebab kebakaran setelah dicari penyebabnya bersama polisi.

Ternyata, api muncul dari puntung rokok pasien, Harsono, yang membakar kasurnya. "Awal api, dari puntung rokok pasien yang menyebabkan kasurnya terbakar," kata Jhon.

Setelah kasur terbakar, sambung Jhon, api kemudian menjalar ke ruangan kamar 348 sehingga televisi, kasur, kulkas dan AC ruangan terbakar.

Namun, setelah mengetahui penyebabnya aktivitas rumah sakit kembali normal. "Setelah mengetahui penyebabnya, rumah sakit berjalan normal dan hanya lantai tiga VIP saja yang ditutup sementara," tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9510 seconds (0.1#10.140)