Cegah Inflasi saat Ramadan, Pemkab Kobar Diminta Siapkan Pasokan Kebutuhan Pokok

Kamis, 19 Januari 2023 - 06:21 WIB
loading...
Cegah Inflasi saat Ramadan, Pemkab Kobar Diminta Siapkan Pasokan Kebutuhan Pokok
Wakil Ketua II DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) Bambang Suherman. (Ist)
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Guna mencegah terjadinya inflasi saat bulan Ramadan pada bulan Maret 2023 mendatang, Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng diminta untuk mengantisipasi kebutuhan pokok masyarakat.

Wakil Ketua II DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) Bambang Suherman mengatakan, karena pemerintah pusat telah mencabut PPKM, saat bulan Ramadan dan Idul Fitri 1444 H dipastikan kebutuhan pokok bakal meningkat.

"Nah, mencegah terjadinya inflasi atau kenaikan harga barang terutama kebutuhan pokok, kami mengimbau pada Pemkab Kobar, khususnya stakeholder terkait seperti Disperindagkop UKM Kobar dan Bulog, sudah mulai memprediksi kesiapan logistik dan sembako saat hari besar keagamaan tersebut," jelas Bambang Suherman.

Sehingga, menurutnya, berbagai acara keagamaan yang diperkirakan lebih banyak dilakukan masyarakat saat Ramadan dan Idul Fitri nantinya tidak membawa dampak terhadap naiknya harga kebutuhan pokok atau terjadinya inflasi.

"Kegiatan pemantauan stok kebutuhan pokok yang dilakukan stakeholder terkait beberapa waktu lalu, kami apresiasi dengan baik. Harapannya ini bisa dilakukan secara berkelanjutan sebagai bentuk pencegahan dan antisipasi dini terjadinya inflasi," katanya.

Selain itu, lanjut Bambang, salah stau upaya pengendalian kestabilan ekomoni yang bisa dilakukan oleh Pemkab Kobar diantarabya adalah perputaran penyerapan anggaran di daerah.

Baca: Lagi, Pacitan Diguncang Gempa Susulan M5,2.

"Kemudian pada dinas terkait agar membuat inovasi, strategi untuk menghadapi hari besar keagamaan yang bakal dilaksanakan sekitar 2 bulan mendatang. Tentunya kesiapan stok sembako bisa dipastikan aman dan terkendali," sebutnya.

"Karena ini tugas kita bersama untuk menjaga, mengevaluasi dan memperhitungkan situasi dan kondisi agar menciptakan situasi yang aman, nyaman ean kondusif saat hari besar keagamaan," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2013 seconds (0.1#10.140)