Kios Terbakar, Pedagang Pasar Johar Butuh Bantuan Modal

Senin, 11 Mei 2015 - 14:51 WIB
Kios Terbakar, Pedagang Pasar Johar Butuh Bantuan Modal
Kios Terbakar, Pedagang Pasar Johar Butuh Bantuan Modal
A A A
SEMARANG - Pemerintah pusat diminta membantu permodalan bagi pedagang Pasar Johar Kota Semarang yang menjadi korban kebakaran pada Sabtu (9/5/2015) malam. Ribuan pedagang mengalami kerugian miliaran rupiah karena barang dagangannya hangus terbakar.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Bambang Sadono mengatakan, pemerintah harus mengambil peran untuk membangkitkan pedagang yang menjadi korban kebakaran pasar.

"Pedagang harus dibantu modal, karena menjelang bulan Ramadan dan Lebaran ini mereka sudah menyetok barang, namun semuanya ikut terbakar," kata dia di sela acara dialog publik dengan tema "Suara DPD, Suara Daerah" di Semarang, Senin (11/5/2015).

Senator asal Jateng ini mengaku sudah berdiskusi dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mencari skema yang tepat dalam membantu para pedagang Pasar Johar.

"Setelah kita cek, ternyata tidak semua pedagang mempunyai asuransi, sehingga harus dibantu permodalan agar mereka bisa kulakan dan berdagang kembali," ujarnya.

Selain permodalan, kata dia, pemerintah juga harus secepatnya mencari dan menyiapkan tempat relokasi untuk para pedagang agar bisa tetap mencari nafkah.

"Pemerintah membantu permodalan, gubernur dan pemerintah kota menyiapkan tempat untuk relokasi pedagang," ujar dia.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4990 seconds (0.1#10.140)