Wagub Jateng Gus Yasin Ungkap Pemilik Sanad Ya Lal Wathan

Rabu, 18 Januari 2023 - 21:48 WIB
loading...
Wagub Jateng Gus Yasin Ungkap Pemilik Sanad Ya Lal Wathan
Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin saat acara 1 Abad NU Bershalawat bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Foto/LTN PBNU
A A A
SOLO - Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen mengungkapkan Waketum PBNU H Nusron Wahid merupakan seorang pemilik sanad lagu Ya Lal Wathan atau Mars Syubbanul Wathan.

Hal itu diungkapkan Gus Yasin saat menyampaikan sambutan dalam acara 1 Abad NU Bershalawat bersama Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Selasa (17/1/2023) malam.



Ia menjelaskan, Ya Lal Wathan itu berasal atau karya dari salah seorang Pendiri NU KH Abdul Wahab Chasbullah. Kemudian silsilah sanadnya turun temurun hingga ke KH Maimoen Zubair.

"Jadi Ya Lal Wathan itu dari Mbah Wahab yang silsilahnya turun temurun sampai ke Hadratussyekh KH Maimoen Zubair. Lalu diijazahkan kepada Kiai Nusron. Ini melalui sanad yang kalau di hadits itu muttashil," kata Gus Yasin.

Putra Mbah Maimoen Zubair ini juga mengungkap hal lain yaitu bahwa Nusron Wahid adalah orang yang memiliki hafalan sangat kuat. Nusron bisa langsung menghafal Ya Lal Wathan meski hanya sekali dilantunkan Mbah Maimoen.



"Dilantunkan Mbah Moen sekali, langsung dihafal dan langsung diunggah lewat Nahdlatul Ulama, dan kita lagukan, kita lantunkan setiap kali kita mengadakan acara di event-event Nahdlatul Ulama," katanya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1296 seconds (0.1#10.140)