Gus Yasin: Sertifikasi Halal Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jateng

Jum'at, 18 November 2022 - 00:20 WIB
loading...
Gus Yasin: Sertifikasi Halal Dorong Pertumbuhan Ekonomi Jateng
Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen alias Gus Yasin mendampingi Wapres Ma’ruf Amin memukul gong tanda dibukanya Forum H20 di Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (17/11/2022). Foto: Istimewa
A A A
SEMARANG - Ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Jawa Tengah kini telah mengantongi sertifikasi halal . Karena itu diharapkan agar bisa mendorong pertumbuhan ekonomi di Jateng .

Harapan itu disampaikan, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen alias Gus Yasin. Menurutnya, hingga saat ini ada 2.144 sertifikasi halal bagi UMKM serta 284 industri kecil menengah yang juga difasilitasi Pemprov Jawa Tengah terkait sertifikasi halal.

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin Buka Forum Halal 20 di Semarang

“Sertifikasi halal yang dimiliki sebuah produk diharapkan bisa meningkatkan imej atau citra positif tentang penjaminan produk, membangun kepercayaan konsumen, memperkuat unique selling point dan meningkatkan peluang produk itu untuk masuk ke pasar industri halal,” kata Gus Yasin saat kegiatan Halal 20 Indonesia 2022 di Hotel Padma, Kota Semarang, Kamis (17/11/2022).

Dia mengatakan, Pemprov Jateng tentunya mendukung pemerintah pusat untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi melalui sektor industri halal.



Upaya lain yang sudah dilakukan adalah mendorong 21 rumah pemotongan hewan (RPH) memiliki sertifikat halal, termasuk 100 orang juru sembelih mendapatkan pelatihan juru sembelih halal dari Pemprov Jateng.

Wagub juga mengatakan Jateng terpilih sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan dalam Indonesia Muslim Travel Index pada tahun 2019. Menurutnya, dengan capaian itu, Jateng semakin terpacu untuk memberikan fasilitas dan kemudahan akses bagi pelancong Muslim dari berbagai negara.

Baca juga: Jogja Halal Festival 2022 Didorong Perkuat Ekosistem Halal

"Saya harap forum Halal 20 akan berjalan lancar dan sukses dan menghasilkan keputusan-keputusan yang mendorong majunya industri halal di Indonesia yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat," imbuhnya.

Acara Halal 20 Indonesia 2022 tersebut dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin didampingi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas serta Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal ( BPJPH) Muhammad Aqil Irham.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2156 seconds (11.210#12.26)