BPBD Kolut Lanjutkan Normalisasi Sungai, Rp200 Juta untuk Tanggap Darurat

Selasa, 17 Januari 2023 - 12:47 WIB
loading...
BPBD Kolut Lanjutkan Normalisasi Sungai, Rp200 Juta untuk Tanggap Darurat
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara, Andi Faizal tahun ini melanjutkan proyek normalisasi sejumlah sungai. Foto Muh. Rusli
A A A
RUSLI - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara, Andi Faizal tahun ini melanjutkan proyek normalisasi sejumlah sungai. Pihaknya juga telah menyiapkan Rp200 juta penanganan tanggap darurat kebencanaan.



Andi menjelaskan, proyek normalisasi lanjutan dari 2022 lalu yakni sungai Desa Rante Limbong plus penguatan tebingnya. Beberapa aliran lainnya yang juga ditangani yakni sungai Desa Awo, Kalu-Kaluku, Latawaro, Batu Ganda hingga perbaikan pipa PDAM.

"Tak ada masalah proyek normalisasi 2022 dilanjutkan 2023 karena ada SK bupati dan giat tanggap darurat tidak terikat masa tahun anggaran," ujar Andi, Selasa (17/1/2023).

Proyek tersebut dikatakan menyeberang tahun karena kembali disusul bencana pada Desember 2022-Januari 2023. Butuh waktu penyelesaian dan dipastikan akan dituntaskan sesuai rencana awal yang diagendakan.

Dikatakan, untuk penanganan tanggap darurat awal 2023 ini menyasar rumah-rumah warga yang rusak akibat diterjang angin kencang di Desa Sipakainge dan Kosali, Kecamatan Pakue.

Anggaran penanganan tanggap darurat bersumber dari Belanja Tidak Terduga (BTT) Pemkab Kolut. Besaran rupiah yang bakal digunakan tersebut tidak menentu sesuai waktu dan skala penanganan di lapangan.

Dana itu melekat di BTT agar bisa langsung dicairkan melalui SK bupati. "Kapan saja bisa dicairkan. Tahun lalu, anggaran penanganan bencana Rp800 juta,” pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2006 seconds (0.1#10.140)