KH Marzuki Mustamar Tegaskan Porseni Bukti Potensi di NU Bukan hanya soal Agama

Senin, 16 Januari 2023 - 15:52 WIB
loading...
KH Marzuki Mustamar Tegaskan Porseni Bukti Potensi di NU Bukan hanya soal Agama
Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar mengatakan bahwa Nahdlatul Ulama memiliki potensi yang luar biasa, bukan hanya soal agama tetapi juga potensi lainnya. Foto/Ist
A A A
SOLO - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Marzuki Mustamar mengatakan bahwa Nahdlatul Ulama memiliki potensi yang luar biasa. Potensi itu bukan hanya soal agama, tetapi juga potensi lainnya.

"Potensi di Nahdlatul Ulama itu bukan hanya potensi agama, potensi-potensinya luar biasa, yang selama ini belum begitu diekspos ke publik. Sehingga tahunya publik itu ngaji, tahlilan, dan ternyata kalau mau dieksplor lagi sepak bola juga oke, silat juga oke, dan segala macam" kata KH Marzuki Mustamar usai welcome dinner Pekan Olahraga dan Seni Nahdlatul Ulama (Porseni NU) di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, dikutip Senin (16/1/2023).



Kiai Marzuki mengaku senang, bangga dan sangat mendukung Porseni NU. Kemudian ia terkait dengan pemberitaan pada Porseni juga sangat penting.

"Andai nanti pemenangnya siapa, lalu media itu telaten membedah satu persatu pemenang. Nanti orang tahu eh ternyata pemain nasional itu NU. Nanti ada beberapa pemenang yang kebetulan sudah masuk di timnas atau apa, kalau perlu juga menyebut. Kalau perlu medsos juga menyebut yang kemarin menang itu masuk tim mana," ungkapnya.

Hal tersebut dimaksudkan supaya orang-orang tahu tentang NU itu bukan hanya ngaji saja, tetapi banyak bidang lain.

"Nah ke depan ketika ada Harlah NU, lalu ada ekspos. Orang-orang pada tau wah ternyata ada kader NU yang menguasai tentang robotika, ada di sekolah yang sudah membuat mobil listrik itu ternyata anak-anak NU. Yang kemarin pemenang mobil listrik kampus dari Brawijaya, itu kan anak-anak pondok. Akhirnya orang kan tahunnya Brawijaya," lanjutnya.



Sementara itu terkait dengan Kontingen Jawa Timur pada Porseni NU 2023 ia berharap agar Jawa Timur bisa menjadi juara umum. Maka dari itu Jawa Timur sebelumnya mengadakan seleksi terlebih dahulu, dan pemusatan latihan.

"Maka seleksi sudah kita adakan agak lama. Lalu ada pemusatan pelatihan bekerja sama dengan Koni Jawa Timur dengan Unesa yang memang punya fasilitas pelatihan yang sangat lengkap. Kami jugasampaikan kepada mereka nanti yang Juara bisa kuliah gratis dan mereka minatnya kan di olahraga yang ada olahraganya kan UNM (Universitas Negeri Malang) dan Unesa (Universitas Negeri Surabaya)," imbuhnya.

Dia berpesan agar peserta tetap menjaga fair play (harus sportif) dalam Porseni NU 202, misalnya dalam bermain jangan sliding, tackling. Lalu meraih kemenangan harus dengan cara yang baik, dan tetap menjaga persaudaraan.

"Tadi saya sudah matur kalau bisa sekiranya dalam event apa kalau Sekarang Harlah 1 Abad. Kalau pas Hari Santri Nasional perlu ekspos kemampuan di bidang sains, teknologi, dan industri. Siapa saja profesor NU yang menemukan penelitian, kami-kami yang dari kampus ekspos biar umat tahu Profesor NU banyak," pungkasnya
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4211 seconds (0.1#10.140)