Heboh Situs Makam Keramat Majalengka Dirusak, Batu Nisan Dipindah

Minggu, 15 Januari 2023 - 22:00 WIB
loading...
Heboh Situs Makam Keramat Majalengka Dirusak, Batu Nisan Dipindah
Situs makam keramat Dalem Lumaju di Desa Maja Selatan, Maja, Majalengka dirusak oleh orang tidak dikenal (OTK). Pintu utama kamar makam dirusak, nisan dipindah. Foto/Ist
A A A
MAJALENGKA - Aksi perusakan terhadap situs makam keramat oleh orang tidak dikenal (OTK) terjadi di Majalengka, Jabar. Situs makam keramat Dalem Lumaju di Desa Maja Selatan, Kecamatan Maja diketahui mengalami kerusakan pada Minggu (13/1/2023).

Kerusakan terjadi pada bagian pintu utama kamar makam. Di bagian itu, pintu mengalami kerusakan diduga karena dibuka dengan paksa.



Selain pintu, bagian makam juga dirusak. Di antaranya batu nisan yang sudah berpindah.

Penggiat sejarah dari Grup Madjalengka Baheula (Grumala) Naro membenarkan bahwa perusakan tersebut baru diketahui pada Minggu pagi.

"Saya dapat info dari temen-temen Grumala di Grup WhatsApp kalau situs itu mengalami kerusakan. Kerusakan ada di bagian pintu dan di makamnya," kata Naro kepada MPI.

Dia menjelaskan, situs tersebut merupakan makam dari Mbah Lumaju Agung Maja. Mengingat nilai-nilai sejarah yang ada pada situs itu, dia berharap kasus perusakan tersebut bisa segera diungkap.



Terpisah, Kasat Reskrim Polres Majalengka AKP Febri Samosir menjelaskan, kasus tersebut sedang dalam proses penyelidikan. Febri memastikan jajarannya akan mengungkap kasus itu.

"Sementara masih kami lidik untuk pelakunya. Kami kepolisian akan berupaya untuk segera ungkap perkara ini," tegasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2251 seconds (0.1#10.140)