Kisah Sukses Entrepreneur Muda Jenny Fransisca di Dunia Digital

Senin, 13 Juli 2020 - 13:59 WIB
loading...
Kisah Sukses Entrepreneur Muda Jenny Fransisca di Dunia Digital
Entrepreneur Muda Jenny Fransisca. Foto/Ist
A A A
MEDAN - Jenny Fransisca namanya. Saat ini masih duduk di bangku SMA di Provinsi Aceh. Meski usianya masih belia, tapi urusan bisnis jangan ditanya, dirinya sudah sangat berpengalaman dalam bisnis online terutama yang menggunakan platform Instagram.

Wanita kelahiran Medan, 24 April 2001 ini dikenal sebagai seorang YouTuber dan publik figur sebagai penyelenggara giveaway sekaligus pemilik salah satu bisnis online. (Baca juga: 17 Pengusaha Muda Sukses Asal Indonesia di Tingkat Asia )

Menurut Jenny, dirinya mulai menekuni bisnis online sejak usia 14 tahun. Berangkat dari hobi-nya, dia kemudian memproduksi slime dan dijual dari mulut ke mulut di sekolah. Hebatnya, slime buatannya akhirnya masuk ke salah satu supermarket terbesar di Kota Blangpidie, Aceh.

Jejak bisnis berikutnya adalah dengan membangun online shop bernama Olshop_jenny di Instagram yang juga mencatatkan prestasi gemilang. Olshop yang menjual busana dan barang random ini sukses menggaet hingga 500.000 followers.

"Ini awalnya bermula dengan sistem PO, frekuensinya setiap bulan, dengan produk baju dan tas. Setelah itu mulailah berkembang ke bidang lain seperti jam tangan, sepatu, produk elektronik, dan produk trending seperti fidget spinner, dan lainnya. Pada tahap itu Olshop_jenny juga sudah mulai menawarkan barang ready, dan juga sistem-sistem inovatif seperti DP/ tabungan untuk warga Blangpidie, dan juga membership card," kata dia.

Nah, suatu hari untuk pengembangan olshop-nya, Jenny menemukan metode giveaway online. Awalnya ia hanya menjadi sponsor, namun setelah mempelajari sistem-nya, Jenny melihat potensi dalam bidang giveaway, dan cara untuk mengoptimalisasinya.

Dirinya pun mulai berkecimpung ke bidang giveaway, dengan awalnya membagikan hadiah produk yang dia jual, hingga akhirnya mengambil risiko mencoba endorse ke artis besar, yaitu Atta Halilintar, dengan hadiah Samsung Galaxy S10. "Ini langkah awal saya menjadi penyelenggara giveaway. Setelahnya saya mulai rutin menyelenggarakan giveaway setiap 2 minggu sekali," kata dia.

Perjuangannya pun mulai terlihat. Olshop_jenny mulai terkenal sebagai salah satu penyelenggara giveaway terpercaya. Giveaway semakin sering diselenggarakan dengan hadiah yang semakin besar. Bahkan, Jenny mulai lebih fokus kepada giveaway daripada olshop online.

Pada saat olshop-nya mulai naik daun dan makin dikenal masyarakat, ujian lalu menghantamnya. Akun IG yang dirintisnya terblokir pada Desember 2019. Hal ini membuat Jenny terpaksa harus refund semua sponsor yang sudah booking hingga 2 bulan berikutnya. "Saya mencoba berbagai cara untuk mengembalikan akun, namun tidak berhasil. Pada titik ini, akun Olshop_Jenny sudah memiliki 500k followers dengan reputasi yang lumayan bagus," kata dia.

Akunnya pun tidak bisa kembali hingga sekarang, sehingga Jenny kemudian memulainya lagi dari nol dengan akun pribadinya @jennyfransiscaa. Berbekal ilmu dan koneksi yang didapat dari pengalamannya membangun Olshop_jenny, ditambah modal yang dia tabung selama menjalankan online shop, Jenny perlahan bangkit dengan memulai perjalanannya lagi dalam bidang giveaway.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1504 seconds (0.1#10.140)