Peringatan Hari Sejuta Pohon, Galakkan Kopi Konservasi di Cipunagara Subang

Kamis, 12 Januari 2023 - 20:07 WIB
loading...
Peringatan Hari Sejuta Pohon, Galakkan Kopi Konservasi di Cipunagara Subang
Peringatan Hari Sejuta Pohon dilakukan salah satunya di Subang, Jawa Barat dengan penanaman kopi di Desa Cupunagara, Cisalak. Foto/Ist
A A A
SUBANG - Peringatan Hari Sejuta Pohon dilakukan salah satunya di Subang, Jawa Barat dengan penanaman kopi. Konservasi kopi ini dilakukan di Desa Cupunagara, Kecamatan Cisalak.

Sebanyak 1.000 pohon kopi jenis Arabica Sigararuntang ditanam di Cupunagara yang merupakan dataran tertinggi di Subang. Aksi penghijauan ini dilakukan bekerjasama dengan kelompok tani, pemerintah Desa Cupunagara dan mitra.



Kepala Desa Cupunagara Wahidin Hidayat menjelaskan, pihaknya menyediakan lahan luas di Cipunagara untuk ditanam berbagai tanaman produktif.

"Alhamdulillah bisa menanam 1.000 pohon kopi di Cupunagara sambil mengelola konservasi di sekitarnya. Selanjutnya para petani di Cipunagara akan merawat pohon-pohon yang ditanam ini. Diharapkan dua tahun mendatang masyarakat dapat.menikmati hasilnya," ujarnya, Kamis (12/1/2023).

Ditambahkan oleh Wahidin, penanaman pohon kopi berbasis konservasi ini penting untuk wilayahnya yang terletak di dataran tinggi.

"Kita perlu mengupayakan agar konservasi di Cupunagara dapat berjalan baik, sehingga air dapat meresap kembali ke dalam tanah dan tidak luber ke dataran rendah yang dapat menyebabkan banjir. Kita perlu bersama-sama menjaga lingkungan demi kebaikan bersama," lanjutnya.



Cupunagara bukan hanya menyajikan alam indah nan sejuk. Ternyata kopi Cupunagara diminati banyak penggemar kopi. Banyak permintaan kopi Cupunagara datang dari berbagai daerah.

Sementara itu, kepala pabrik AQUA Subang, Dwi Nofriyadi mengatakan, penanaman seribu pohon kopi di Cupunagara ini merupakan suatu bentuk kolaborasi dengan masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1827 seconds (0.1#10.140)