2 Tahun Lumpuh, TKW Asal Blitar Dipulangkan dari Hongkong

Kamis, 12 Januari 2023 - 12:00 WIB
loading...
2 Tahun Lumpuh, TKW Asal Blitar Dipulangkan dari Hongkong
Tampak foto unjuk rasa terkait perlindungan TKI. (Ist)
A A A
BLITAR - Afridawati (40), seorang pekerja migran Indonesia (PMI) atau TKW asal Kelurahan/Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar Jawa Timur mengalami lumpuh selama dua tahun di Hongkong, China.

Karena keadannya yang tidak memungkinkan lagi bekerja, Afridawati terpaksa dipulangkan ke tanah air. “Besok 13 Januari 2023 yang bersangkutan dijemput di bandara Juanda,” ujar Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Blitar, Yopie Kharisma Sanusi kepada wartawan, Kamis (12/1/2023).

Afridawati teridentifikasi mengidap penyakit dalam akut, yakni TBC miningitis. Selama bekerja di Hongkong, kondisi kesehatanya terus memburuk. Terakhir, akibat penyakit yang diderita, Afridawati mengalami kelumpuhan.

Sejak November 2020, Afridawati dinyatakan berhenti bekerja karena sakit. Pada 18 Maret 2021, ia mengajukan repatriasi pemulangan di KJRI Hongkong.

Namun pemulangan ke tanah air belum bisa dilakukan karena penyakitnya tiba-tiba kambuh. “Karena kambuh yang bersangkutan harus dirawat dulu,” terang Yopie.

Afridawati menunggu pemulihan kesehatan hingga tahun 2022. Ia menjalani perawatan di rumah sakit Conde de Sao Januario Makau. Selama 2 tahun di Hongkong, praktis tak menjalani aktivitas apa pun.

Baca: 15 Anggota Geng Motor yang Serang 2 Pelajar Dibekuk, Motif Masih Didalami.

Setelah kondisinya dinyatakan pulih, proses pemulangan Afridawati ke Indonesia kembali berlanjut. Yopie berharap kondisi kesehatan yang bersangkutan tetap stabil, sehingga proses pemulangan berjalan lancar.

Terkait penjemputan kata Yopie akan dilakukan dengan memakai mobil ambulans RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. “Kita sudah koordinasi dengan KJRI, BP2MI dan UPT Disnaker Provinsi. Penjemputan pukul 18.00 Wib,” pungkas Yopie.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)