Kemenkumham Sulbar Minta Lapas Tingkatkan Kemampuan Kewirausahaan para Narapidana

Selasa, 10 Januari 2023 - 08:11 WIB
loading...
Kemenkumham Sulbar Minta Lapas Tingkatkan Kemampuan Kewirausahaan para Narapidana
Kemenkumham Sulbar minta lapas tingkatkan kemampuan kewirausahaan para narapidana. Foto Antara
A A A
MAMUJU - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Barat, Parlindungan meninjau bengkel kerja narapidana di Rutan Majene, Senin (9/1/2023). Pada kesempatan itu dia meminta lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan negara ( rutan ) agar meningkatkan kemampuan kewirausahaan para narapidana.



"Lapas dan rutan di Sulbar harus terus memberikan pembinaan kemandirian kepada seluruh warga binaan sebagai bekal berwirausaha saat menjalani masa pidana," kata Parlindungan.

Pembinaan yang dilakukan jajarannya itu, kata Parlindungan, merupakan bagian dari komitmen Kementerian Hukum dan HAM dalam rangka melaksanakan tujuan pemasyarakatan.

"Banyak hasil karya yang telah dibuat para warga binaan di sini, di antaranya pembuatan kursi, anyaman lidi, pembuatan kaligrafi dari pasir, dan masih banyak lagi hasil kerajinan lain hasil pembinaan para petugas Rutan Majene," terang Parlindungan.

Ia berharap pembinaan kemandirian yang dilaksanakan Rutan Majene terus dikembangkan untuk mendatangkan manfaat bagi napi.

"Dengan demikian dapat memberikan nilai tambah maupun manfaat kepada warga binaan dan masyarakat saat mereka usai menjalani masa pidana," ujarnya.

Dia mengapresiasi upaya Rutan Majene yang terus memperkenalkan hasil karya warga binaan melalui galeri hasil karya warga binaan.

"Dengan tujuan agar masyarakat mengetahui hasil pembinaan jajaran Rutan Majene yang sangat bermanfaat bagi warga binaan," tuturnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5020 seconds (0.1#10.140)