Alasan Pemkab Bantul Tolak Arema FC Bermarkas di Stadion Sultan Agung

Senin, 09 Januari 2023 - 15:39 WIB
loading...
Alasan Pemkab Bantul Tolak Arema FC Bermarkas di Stadion Sultan Agung
Pemkab Bantul menolak Arema FC bertanding menggunakan Stadion Sultan Agung, Bantul, DIY sebagai home ground pertandingan Arema FC melawan Borneo FC di Liga 1. Foto/Ist
A A A
BANTUL - Arema FC ditolak bertanding menggunakan Stadion Sultan Agung, Bantul, DIY. Pemkab Bantul menyatakan keputusan penolakan Stadion Sultan Agung sebagai home ground pertandingan Arema FC melawan Borneo FC pada putaran ke-2 Liga 1 itu setelah mendengarkan aspirasi dan masukan dari berbagai pihak.

Keputusan tersebut tertuang dalam surat pembatalan rekomendasi izin yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Bantul, tertanggal 6 Januari 2023.



Kepala Disdikpora Bantul, Isdarmoko menjelaskan, surat rekomendasi tersebut dikeluarkan mengingat banyaknya penolakan dari kelompok-kelompok suporter sepakbola yang ada di Bantul maupun Jogja.

"Sebelumnya memang kami mendapatkan surat permohonan dari Arema untuk menjadikan Stadion Sultan Agung sebagai home base mereka ya. Tetapi, dalam perkembangannya kok banyak aspirasi dari kelompok suporter. Maka dari itu, kita langsung berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk Polres dan pak Bupati," katanya, Senin (09/01/2023).

Oleh sebab itu, setelah melakukan koordinasi Disdikpora Bantul langsung mengeluarkan surat rekomendasi tentang larangan penggunaan Stadion Sultan Agung sebagai tempat pertandingan Arema FC melawan Borneo FC.

Sebelumnya, Komdis PSSI memberikan sanksi kepada Arema FC yakni larangan bermain di kandangnya sendiri, dan harus mencari tempat untuk bertanding dengan jarak minimal 250 kilometer.


Sanksi ini dikeluarkan menyusul peristiwa Tragedi Kanjuruhan, Malang yang menewaskan ratusan korban jiwa.

Lanjut Isdarmoko, pihaknya juga telah menyampaikan surat keberatan itu kepada manajemen Arema FC. Pihaknya mengatakan bahwa Arema FC bisa menerima keputusan tersebut.

"SSA itukan dibangun untuk kepentingan masyarakat Bantul ya. Dan kami sudah berkomunikasi dengan Arema, mereka bisa memahami," jelasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)