4 Tokoh Pemersatu Nusantara, Yang Terakhir Mendunia dengan Jasa Selalu Dikenang

Senin, 09 Januari 2023 - 13:53 WIB
loading...
A A A
Mengutip dari Jurnal "Karakter Tokoh Hayam Wuruk", Hayam Wuruk bergelar Sri Rajasanagara adalah Raja Majapahit keempat yang dinobatkan pada tahun 1350 M. Pada masa kekuasaannya ini dia berhasil membawa Kerajaan Majapahit menuju puncak kejayaan.

Putra dari Tribhuwana Tunggadewi ini didampingi oleh Mahapatih Gajah Mada dalam menjalankan kekuasaannya.

Kekuasaan Majapahit di bawah kepemimpinan Hayam Wuruk terbentang dari Jawa, Sumatera, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia Timur. Tidak hanya itu Hayam Wuruk juga menjalin hubungan baik dengan negara negara tetangga.

Beberapa faktor yang menjadikan kerajaan ini begitu besar adalah, sistem pemerintahan efektif, kehidupan beragama yang baik, hingga perniagaan yang berjalan lancar.

4. Soekarno

Soekarno memang menjadi tokoh penting dalam kemerdekaan bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Orator ulung ini dikenal akan pidatonya yang mampu membangkitkan semangat Indonesia untuk bersatu dan merdeka.

Bahkan melalui pidatonya juga membuat sosok pria kelahiran Blitar ini ditakuti oleh para Penguasa Dunia.

Selain sebagai seorang proklamator kemerdekaan, Soekarno juga menjadi pencetus konsep Pancasila yang menjadi dasar negara Republik Indonesia.

Meskipun dalam mencapai kemerdekaan terdapat pula sosok Pahlawan Nasional yang turut berjasa. Namun peran sentral Soekarno sebagai pemimpin persatuan tidaklah dapat digantikan.
(bim)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)