Ibu Hamil yang Sempat Ditandu dengan Kain Sarung ke Puskesmas Meninggal Bersama Bayinya

Senin, 09 Januari 2023 - 13:55 WIB
loading...
Ibu Hamil yang Sempat Ditandu dengan Kain Sarung ke Puskesmas Meninggal Bersama Bayinya
Ibu hamil yang sempat ditandu dengan kain sarung ke Puskesmas meninggal bersama bayinya. Foto tangkapan layar
A A A
PINRANG - Ibu dan bayi yang dikandungnya dikabarkan meninggal dunia setelah menjalani operasi di Rumah Sakit (RS) Lasinrang, Pinrang, Sulsel. Sebelumnya, ibu hamil asal Dusun Buttu Batu, Desa Kariango, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) itu ditandu warga ke RS dengan menggunakan sarung.

Sub Kordinator Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Pinrang Irma Nurna Ningsih membenarkan kabar tersebut. Dia menyampaikan, awalnya pada malam hari pasien mengeluh sakit perut. Saat itu bidan desa datang ke rumahnya dan mengecek kehamilan.

"Taksiran persalinannya pada bulan Febuari. Pada waktu pemeriksaan itu kondisi janinnya sudah tidak terdengar denyut jantung janinnya," katanya.

Saat itu, kata dia, bidan desa pun menyarankan ibu tersebut untuk dirujuk ke rumah sakit. "Makanya diputuskan untuk merujuk malam itu, tapi hujan deras dan angin kencang akhirnya besok pagi dirujuk," ujarnya.

Dia mengaku, mobil memang tidak bisa masuk ke daerah itu hingga akhirnya ibu hamil itu ditandu. "Bayi sudah meninggal di dalam perut, sampai di rumah sakit dioperasi ibunya juga meninggal," ujarnya.

Diketahui, ibu hamil bernama Asmia itu ditandu warga menempuh perjalanan sejauh tujuh kolpmeter. Dalam video amatir warga sempat mengabadikan peristiwa itu.

Tampak dalam video itu warga bergotong royong menandu seorang wanita hamil untuk melahirkan di Puskesmas Salimbongan, Kecamatan Lembang, Pinrang.

Ia ditandu menggunakan sarung sejauh tujuh kilometer dan videonya viral media sosial. Dalam video itu, ibu hamil ini ditandu melalui jalan berbatu dan setapak hingga menuju ke mobil kesehatan yang menunggu pasien tersebut di jalan raya.

Hal ini terpaksa dilakukan karena akses menuju ke Puskesmas tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. Setelah di Puskesmas Salimbongan, ibu hamil itu kemudian dirujuk ke rumah sakit.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)