Pelestarian Pulau Widi, PT GMM Donasikan 1.001 Bibit Mangrove pada DLH Halmahera Selatan

Rabu, 04 Januari 2023 - 21:33 WIB
loading...
Pelestarian Pulau Widi, PT GMM Donasikan 1.001 Bibit Mangrove pada DLH Halmahera Selatan
PT Gelora Mandiri Membangun (PT GMM) menyerahkan 1.001 bibit mangrove kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan, Rabu (4/1/2023). (Ist)
A A A
HALMAHERA SELATAN - PT Gelora Mandiri Membangun (PT GMM) menyerahkan 1.001 bibit mangrove kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan, Rabu (4/1/2023).

Langkah ini dilakukan sebagai upaya pelestarian kawasan Pulau Widi, sekaligus menyukseskan program pemerintah Halmahera Selatan 'Mangrove For Widi'.

Sumbangan bibit mangrove ini diterima Syamsudin Abas, selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Halmahera Selatan.

Dalam kesempatan ini, perwakilan perusahaan PT Gelora Mandiri Membangun, Sehoon Lim menyampaikan, harapannya untuk keberhasilan upaya pelestarian alam di kawasan Pulau Widi.

“Saya pribadi melihat kepulauan Halmahera secara keseluruhan merupakan kawasan yang sangat indah dan menyimpan banyak potensi. Dengan menjaga kelestarian lingkungan, diharapkan terjadi keseimbangan juga keselarasan antara manusia dan alam,” tuturnya.

Bibit-bibit pohon mangrove yang diserahkan oleh PT Gelora Mandiri Membangun rencananya akan ditanam di Pulau Widi sebagai upaya penghijauan. Pohon mangrove memiliki peran penting untuk mendukung ekosistem wilayah pesisir.

Mangrove berfungsi untuk menyeimbangkan kualitas lingkungan dan menetralisir bahan-bahan pencemar.

Untuk diketahui di Kepulauan Widi terdapat 99 pulau, tiga atol dan mempunyai dua gugusan pulau yang dikenal masyarakat nelayan sebagai Pulau Daga Gane (berhadapan dengan Kecamatan Gane Timur Selatan) dan Daga Weda (berhadapan dengan Kecamatan Gane Timur Tengah).

Kepulauan Widi menjadi surga bagi para nelayan karena potensi perikanannya yang besar. Kepulauan Widi bisa dikatakan sebagai kepulauan terindah di Provinsi Maluku Utara, dan sering dijadikan destinasi wisata.

Kepulauan Widi memiliki banyak spot wisata bawah laut dan menjadi surga bagi para penggemar diving dan snorkeling.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0708 seconds (0.1#10.140)