Menparekraf Sandiaga Uno Tegaskan Peluang Pariwisata Banyuwangi Sangat Besar

Jum'at, 30 Desember 2022 - 16:43 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uno Tegaskan Peluang Pariwisata Banyuwangi Sangat Besar
Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno mengatakan peluang pariwisata Indonesia, termasuk Banyuwangi, Jawa Timur sangat besar. Foto/iNews TV/Eris Utomo
A A A
BANYUWANGI - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan peluang pariwisata Indonesia, termasuk Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) sangat besar.

Sandiaga Uno mengungkapkan hal itu saat memberikan semangat kepada 150 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Banyuwangi, Kamis (29/12/2022). Dia meminta para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (Parekraf) untuk terus berinovasi.



Berdasarkan data pertumbuhan sektor pariwisata pada 2022, pergerakan kunjungan wisatawan berkisar atara 750-800 juta. Sedangkan kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 3,6 juta.

"Karena itu tahun 2023 yang diproyeksikan 5,2 juta bisa tercapai," kata Sandiaga Uno.

Menparekraf menyebutkan pada 2022 terdapat 1,1 juta lapangan pekerjaan baru di bidang pariwisata ekonomi kreatif. Jumlah tersebut meningkat menjadi 3,7 juta lapangan kerja baru di Desember 2022.

"Dari data tersebut (potensi pariwisata) benar-benar bisa mendongrak angka kunjungan wisatawan," katanya.


Pada kesempatan itu, Sandi juga menyampaikan bahwa penguatan ekonomi kreatif di Banyuwangi telah dibangun oleh para pelaku pariwisata.

Cara itu dilakukan dengan pelatihan dan koordinasi sesama pelaku pariwisata dilakukan guna menopang dan meningkatkan nilai dan angka kunjungan wisatawan.

Sandiaga Uno berharap para pelaku pariwisata lebih mengoptimalkan potensi, seperti halnya desa wisata, wellness tourism dan pariwisata berbasis budaya, termasuk kuliner.

"Banyuwangi memiliki destinasi wisata unggulan. Harus segera berbenah dan bersiap diri. Agar 2023 bisa mampu menyedot banyak wisatawan," ujar.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1978 seconds (0.1#10.140)