Pemilih Cerdas di Sulsel ke Anies, Prabowo-Ganjar Berebut Grassroot

Rabu, 28 Desember 2022 - 23:46 WIB
loading...
Pemilih Cerdas di Sulsel ke Anies, Prabowo-Ganjar Berebut Grassroot
Direktur Eksekutif PT IPI, Suwadi Idris Amir memaparkan hasil risetnya dalam diskusi Ngorol Politik Akhir Tahun Bersama Wartawan Politik Sulsel di Warkop 115, Makassar, Rabu (28/12/2022). Foto: SINDOnews/Anicolha
A A A
MAKASSAR - PT Indeks Politica Indonesia (PT IPI) baru saja menyelesaikan survei mereka di Sulawesi Selatan terkait Pilpres 2024 mendatang. Riset menemukan kecenderungan pemilih cerdas mendukung Anies Baswedan .

"Sementara grassroot, kalangan menengah ke bawah, itu cenderung ke Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Namun di kalangan menengah ke bawah itu, Prabowo masih primadona," kata Direktur Eksekutif PT IPI, Suwadi Idris Amir, dalam diskusi "Ngorol Politik Akhir Tahun Bersama Wartawan Politik Sulsel" di Warkop 115, Makassar, Rabu (28/12/2022).

Dia menjelaskan, kelebihan Ganjar adalah kemampuan menarik simpati dari pendukung fanatik Jokowi di Sulsel. Meskipun sebenarnya, masih banyak pendukung Jokowi yang belum menentukan sama sekali.



"Strongvoters Prabowo itu tinggi, sekitar 28 persen. Dengan asumsi itu saya berani mengatakan Prabowo masih akan leading di Sulsel jika maju di Pilpres nanti. Asalkan head to head dan tidak ada tokoh Sulsel yang digandeng sebagai calon wakil presiden oleh Anies ataupun Ganjar" bebernya.



Dia pun memprediksi, baik Prabowo dan Ganjar sama-sama menunggu restu dari Presiden Jokowi. Kondisi ini menempatkan posisi Anies, sebagai oposisi, lebih berpeluang menang jika Pilpres digelar dua putaran.

"Anies adalah satu-satunya perwakilan oposisi saat ini. Sehingga peluang menangnya besar kalau tiga calon. Namun bila head to head, apalagi jika Prabowo berpasangan dengan Ganjar, maka justru peluang berada ditangan Prabowo-Ganjar," bebernya.



Langkah Anies yang terlalu cepat memproklamirkan diri sebagai bakal calon presiden juga dianggap sebagai langkah blunder. Terlepas dari segala kelebihan, start lebih awal membuka peluang bagi rival untuk melakukan mitigasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)