Mengenal Sosok Pakubuwana II, Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat Pertama

Rabu, 28 Desember 2022 - 15:41 WIB
loading...
Mengenal Sosok Pakubuwana II, Raja Kasunanan Surakarta Hadiningrat Pertama
Sri Susuhunan Pakubuwana II merupakan raja pertama Surakarta. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sri Susuhunan Pakubuwana II merupakan raja pertama Surakarta. Dalam sejarahnya, beliau telah memiliki banyak kisah yang menarik dalam mendirikan berbagai kesultanan dan kerajaan yang ada di bumi nusantara ini.

Sebelum menjadi seorang raja kasunanan Surakarta, Pakubuwana II pernah menjabat sebagai raja kesembilan Mataram dengan masa pemerintahan yang dimulai dari tahun 1726 sampai dengan 1742.

Lantas seperti apa profil kehidupan dari Sri Susuhunan Pakubuwana II raja dari kasunanan dan kasultanan besar yang ada di Indonesia, simak ulasan berikut ini.

Baca juga : Ratu Kalinyamat, Sosok di Balik Ketangguhan Angkatan Laut Kerajaan-kerajaan Nusantara

Dikutip dari buku Trah Raja - Raja Mataram di Tanah Jawa karya Joko Darmawan, bahwa Pakubuwana II adalah Putra dari Amangkurat IV yang diketahui lahir pada tanggal 8 Desember 1711 dan diberi nama Raden Mas Probosuyoso.

Pada tanggal 15 Agustus 1726 Raden Mas Probosuyoso naik takhta menjadi seorang raja pada usianya yang masih muda yakni 15 tahun dan mengikuti gelas sang kakek yakni Sri Susuhunan Pakubuwana II.

Di usianya yang masih terbilang muda, ia banyak mengalami gejolak politik dan kerusuhan yang diakibatkan dari pemberontakan etnis Tionghoa dari Batavia atau Jakarta kepada pihak kolonial Belanda yang dikenal dengan peristiwa Geger Pacinan.

Kerusuhan tersebut telah berlangsung cukup lama yakni sampai pada tahun 1743, sehingga berakibat kepada pemerintahan kerajaan mataram yang dipimpin oleh Sri Susuhunan Pakubuwana II mengalami kemunduran.

Hal tersebut dikarenakan Sri Susuhunan telah berpihak kepada pihak kolonial Belanda, sehingga para etnis Tionghoa dan Masyarakat mataram merasa Kecewa dan mengangkat Amangkurat V atau Mas Garendi sebagai rajanya.

Baca juga : 4 Kerajaan Nusantara Terluas, Nomor 2 dari Semenanjung Malaya hingga Papua
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)