Ratu Kalinyamat, Sosok di Balik Ketangguhan Angkatan Laut Kerajaan-kerajaan Nusantara

Selasa, 01 November 2022 - 05:03 WIB
loading...
Ratu Kalinyamat, Sosok di Balik Ketangguhan Angkatan Laut Kerajaan-kerajaan Nusantara
Ratu Kalinyamat merupakan sosok langka yang hidup pada jamannya. Disebut langka, sebab ia merupakan seorang ratu yang memiliki visi negara atau kerajaan maritim. Foto ilustrasi SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ratu Kalinyamat yang memiliki nama asli Ratna Kencana merupakan sosok langka yang hidup pada jamannya. Disebut langka, sebab ia merupakan seorang ratu yang memiliki visi negara atau kerajaan maritim .



Visinya di bidang kelautan terwujud dengan terbentuknya kekuatan angkatan laut yang kuat yang dimiliki kerajaan-kerajaan se-nusantara. Hal ini karena kemampuannya dalam hal diplomasi. Ia berhasil membangun pakta pertahanan dengan Cirebon, Banteng, Palembang, Aceh, Malaka, serta Tidore sehingga membentuk kekuatan maritim tangguh.

Tidak hanya itu, pemahaman dan visi mengenai poros maritim diwujudkannya dengan membangun industri perkapalan di Jepara, baik kapal perang maupun kapal dagang, dapat tumbuh dan berkembang dengan pesat. Baca juga: Bagaimana Kabar Investasi Tesla di Indonesia? Begini Penjelasan Anak Buah Luhut

Sehingga pada masanya, angkatan laut berkembang cukup kuat. Armada laut yang kuat mendukung aktivitas pelayaran dan perdagangan. Siapa Ratu Kalinyamat sesungguhnya?

Ia merupakan salah satu putri dari Raja Demak Trenggana. Dia lahir 1520 dengan nama Retna Kencana. Dalam catatan sejarah, Ratu Kalinyamat ikut mengangkat senjata melawan Portugis pada abad XV. Terlebih setelah kematian suaminya dan menjadi ratu, ia terus berjuang melawan musuh.

Konon, kesetiaannya terhadap suaminya begitu tinggi. Ini dibuktikannya dengan dendam kesumat yang membakar amarahnya. Ia mengejar musuh, si pembunuh suaminya itu hingga tewas.

Pada masa pemerintahannya, kerajaan kecil Kalinyamat mencapai masa keemasannya. Karena kemajuannya yang begitu pesat, kerajaan besar Mataram khawatir tersaingi.

Maka dengan berbagai daya upaya Mataram menyerang Kalinyamat sehingga kerajaan kecil itu runtuh. Ratu Kalinyamat meninggal dunia sekitar 1579 dan dimakamkan di dekat makam suaminya di Desa Mantingan.

Kalinyamat sendiri merupakan sebuah wilayah di Jepara. Ratna Kencana dikenal dengan Ratu Kalinyamat karena daerah ini yang dia pimpin. Terkait kiprahnya, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan,

Apa yang dilakukan Ratu Kalinyamat sesungguhnya mencerminkan sosok yang sudah memiliki wawasan bahwa Nusantara sejatinya adalah negeri maritim. Baca juga: Gayatri, Putri Cantik Kerajaan Singasari di Balik Kejayaan Majapahit

"Banyak hal yang dilakukan Ratu Kalinyamat itu sudah sangat advanced (maju), bagaimana beliau membangun kekuatan industri itu menjadi industri yang terkoneksi dan beliau membuktikan bahwa dirinya pahlawan laut,” ungkap Lestari dilansir dari laman resmi Provinsi Jateng.
(don)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1195 seconds (10.55#12.26)