5 Banjir Besar Melanda Indonesia Sepanjang 2022, Nomor 4 Berlangsung Hampir Sebulan

Rabu, 28 Desember 2022 - 06:47 WIB
loading...
5 Banjir Besar Melanda Indonesia Sepanjang 2022, Nomor 4 Berlangsung Hampir Sebulan
Sebagai negara dengan banyak gunung yang masih aktif serta sungai-sungai yang luas, Indonesia tak lepas dari berbagai musibah bencana alam. (Ist)
A A A
Sebagai negara dengan banyak gunung yang masih aktif serta sungai-sungai yang luas, Indonesia tak lepas dari berbagai musibah bencana alam.

Beberapa bencana alam yang kerap melanda sejumlah wilayah di Indonesia di antaranya, gempa bumi, gunung meletus serta banjir dan longsor.

Berikut ulasan mengenai lima banjir besar yang melanda sejumlah wilayah di tanah air sepanjang 2022.

1. Mojokerto
5 Banjir Besar Melanda Indonesia Sepanjang 2022, Nomor 4 Berlangsung Hampir Sebulan


Jalan nasional yang menjadi penghubung Mojokerto, dengan Pasuruan, lumpuh akibat tergenang banjir, Sabtu (26/2/2022). Hujan lebat yang mengguyur kawasan Trawas, membuat air Sungai Patung di Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto meluap ke jalan nasional.

Banyak kendaraan roda dua yang mogok saat nekad menerjang genangan banjir. Selain jalan raya, beberapa desa di Kabupaten Mojokerto, juga terendam banjir. Akibat banjir, sebuah acara pesta pernikahan di Desa Modopuro, Kecamatan Mjosari, ikut kebanjiran.

Dalam video amatir yang beredar luas di media sosial, memperlihatkan sebuah pesta pernikahan kebanjiran. Sejumlah kursi dan meja tamu yang terdapat makanan, hanyut terbawa derasnya banjir, meski terendam banjir sejumlah tamu masih berdatangan dan bertahan di bawah tenda.

Meluapnya Sungai Patung, membuat ketinggian air banjir di jalan nasional dan permukiman warga mencapai satu meter. Puluhan sepeda motor, yang rata-rata milik para karyawan pabrik di kawasan Ngoro industri, mogok di tengah derasnya air sungai yang meluap.

Kendaraan besar dan mini bus, diminta oleh relawan dan petugas Polres Mojokerto, untuk berjalan pelan-pelan. Ketua Relawan Info Seputar Merjosari, Agus Cahyono mengatakan, air banjir datang sekitar pukul 16.00 WIB.

2. Tanggamus Lampung
5 Banjir Besar Melanda Indonesia Sepanjang 2022, Nomor 4 Berlangsung Hampir Sebulan


Jalan lintas barat (jalinbar) ruas Kecamatan Semaka, Tanggamus, Lampung tidak bisa dilewati. Pasalnya di sejumlah titik tertutup lumpur dan material akibat banjir, Selasa (4/8/2022).

Berdasarkan pantauan di lapangan, jalan tertutup longsoran meliputi Simpang Sedayu, Jalan Depan Masjid Imadudin, dan Jalan Depan Mapolsek Semaka. Banjir di ruas jalan Semaka, terjadi mulai sekitar pukul 21.00 WIB.

BPBD Tanggamus menyatakan, sementara ini banjir terjadi di Pekon Sedayu, Kecamatan Semaka, Kabupaten Tanggamus.

Menurut Kabid Kedaruratan BPBD Tanggamus, Mansyur sudah mulai turun ke lapangan dan sementara ini informasi yang dilaporkan banjir.

Sementara ini pihaknya masih menghimpun informasi berapa titik lokasi banjir dan longsor serta dampak lain yang timbul.

"Akibat longsor di sekitar Polsek Semaka, akses jalan lintas tertutup total tidak bisa dilewati kendaraan Arus lalu lintas juga terhenti karena ada juga banjir yang genangi jalinbar ruas Pekon Sedayu," pungkasnya.

3. Garut
5 Banjir Besar Melanda Indonesia Sepanjang 2022, Nomor 4 Berlangsung Hampir Sebulan


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut 43 jembatan di Kabupaten Garut rusak akibat diterjang Banjir pada Jumat, (15/7/2022) lalu.

Ia menyatakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membantu perbaikan dan mayoritas pendanaan puluhan jembatan tersebut.

"Perbaikan jembatan dilakukan secara serempak, karena kalau satu persatu akan lama. Untuk pendanaan, mayoritas akan dibantu pemerintah Provinsi insyaallah jangan khawatir," kata Ridwan Kamil usai meninjau lokasi Jembatan Kuning, di Desa Sukasenang, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Kamis (21/7/2022).

Sebagai penunjang akses masyarakat, jembatan darurat akan dibangun dalam beberapa hari ke depan. Sambil menunggu proses itu, masyarakat dan anak-anak sekolah dapat menyebrangi Sungai Cimanuk menggunakan perahu karet dengan bantuan personel TNI-Polri dan relawan.

"Kemudian setelah itu, jembatan permanennya akan dibangun dan diselesaikan selama tiga hingga empat bulan," ujarnya.

Dijelaskan Gubernur Jabar, ketinggian jembatan permanen yang baru nantinya akan bertambah dari ketinggian jembatan sebelumnya.
Penambahan ketinggian jembatan, ucapnya, disesuaikan dengan ketinggian level banjir saat ini. "Akan dinaikan minimal dua meter dari semula," pungkasnya.

4. Sintang
5 Banjir Besar Melanda Indonesia Sepanjang 2022, Nomor 4 Berlangsung Hampir Sebulan


Bencana banjir yang melanda Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat ini berlangsung hampir satu bulan.

Berdasarkan data yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, tercatat jumlah korban banjir sudah mencapai 100.000 kepala keluarga. Sedangkan pengungsi mencapai 10.381 kepala keluarga atau 33.221 jiwa.

BPBD Sintang saat ini sudah mengoperasikan lima pos lapangan untuk melayani kebutuhan dasar warga, seperti makanan dan pelayanan kesehatan.

Sejumlah fasilitas publik juga tak luput dari banjir. Sejumlah jalan protokol dan jalan poros negara juga terputus. Diketahui banjir bandang yang menerjang Sintang, Kalimantan Barat hingga kini masih belum surut. Padahal banjir sudah terjadi sejak 21 Oktober 2022 lalu.

Sejumlah bangunan masih terendam genangan banjir dengan ketinggian bervariasi. Di antaranya bangunan rumah sakit umum (RSU) Sayang Ibu di Jalan Lintas Melawai No 32 Sintang.

Kondisi rumah sakit tersebut tak ada aktivitas lantaran terendam hingga separuh pintu. Begitu juga kantor dan pertokoan di kawasan Lintas Melawai masih terendam.

Semuanya tutup karena terendam banjir bandang. Warga di Sintang terpaksa menggunakan perahu kecil untuk keluar rumah mencari bahan makanan.

5. Makassar
5 Banjir Besar Melanda Indonesia Sepanjang 2022, Nomor 4 Berlangsung Hampir Sebulan


Hujan deras yang mengguyur Kota Makassar dalam 3 hari terakhir mengakibatkan sejumlah kecamatan terendam. Tiga kecamatan itu yakni, Manggala, Biringkanaya dan Tamalanrea.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Makassar, dampak banjir dilaporkan terjadi di 15 kelurahan dari 3 kecamatan tersebut.

Total saat ini ada 1.954 kepala keluarga (KK) atau 6.644 jiwa yang terdampak banjir Makassar dengan jumlah rumah terendam sebanyak 2.646 unit.

Sementara itu, ada 2 kecamatan yang mengalami banjir cukup parah hingga membuat warga mengungsi. Saat ini, tercatat ada 609 jiwa yang mengungsi di Kecamatan Manggala dan Biringkanaya.

Khusus di Kecamatan Manggala, ada 92 KK atau 364 jiwa yang kini mengungsi. Para pengungsi tersebar di 7 lokasi.

Selanjutnya di Kecamatan Biringkanaya, ada 59 KK atau 245 jiwa yang mengungsi. Mereka tersebar di 5 lokasi pengungsian.

Selain itu, juga dilaporkan ada 28 titik pohon tumbang selama 3 hari terakhir di Makassar. Akibat pohon tumbang itu 10 KK atau 32 jiwa terdampak.

Kepala Pelaksana BPDB Makassar Achmad Hendra Hakamuddin menyebutkan, banjir yang terjadi di Makassar ini akibat curah hujan yang terus mengguyur Makassar sejak Sabtu (24/12/2022) pagi. Korban terdampak banjir kini diungsikan di sejumlah wilayah.

"Titik pengungsian yang sudah ada setiap tahunnya yakni Masjid Jabal Nur Antang, Masjid Arrahman, Warkop Gomacca, Masjid Nur Ikhlas dan TK Tri Kodam," ucap Hendra.

Upaya pemenuhan dasar para korban bantuan sandang, pangan air bersih dan kesehatan. Pihaknya juga menyiagakan 60 petugas yang disebar di titik banjir.

Mereka bertugas untuk memastikan kebutuhan pengungsi. "Tim evakuasi 35 orang, tim assesmen 15 orang dan ada juga tim medis 10 orang," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1906 seconds (0.1#10.140)