Kembangkan Inovasi Teknologi Pascapanen, UGM Kolaborasi lewat Hibah Penelitian

Jum'at, 23 Desember 2022 - 08:09 WIB
loading...
Kembangkan Inovasi Teknologi Pascapanen, UGM Kolaborasi lewat Hibah Penelitian
Pengembangan inovasi teknologi pascapanen dilakukan UGM berkolaborasi dengan EdenFarm dalam bentuk dana hibah penelitian. Foto/Ist
A A A
JOGJA - Pengembangan inovasi teknologi pascapanen dilakukan Universitas Gadjah Mada (UGM) berkolaborasi dengan EdenFarm. Kerjasama dalam bentuk program research grant atau dana hibah penelitian ini ditandatangani di kampus Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM, Yogyakarta, Kamis (22/12/2022).

Penandatanganan nota kesepahaman research grant dilakukan oleh Ketua Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Didi Achjari dan Founder dan CEO EdenFarm, David Setyadi Gunawan serta dihadiri oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM Gumilang Sahadewo beserta tim peneliti.


Gumilang menyatakan, sebagai salah satu esensi pengembangan pendidikan dalam tingkat universitas, penelitian kolaboratif ini merupakan komitmen UGM untuk bisa berkontribusi kepada pengabdian masyarakat.

"Kami berharap hasil penelitian ini bisa berbuah banyak, tidak hanya bagi industri ekonomi dan bisnis namun juga dapat meningkatkan expression learning bagi para peneliti. Kami sangat antusias untuk melihat bagaimana penelitian kolaboratif ini berjalan bersama dengan EdenFarm,” kata Gumilang.

Sementara David Setyadi menyatakan bahwa sesuai dengan visi Feeding The Nation, EdenFarm selalu berinovasi untuk mensejahterakan kehidupan petani dan pelaku bisnis dengan berbagai hal yang aplikatif.

"Kami saat ini sudah bergerak berdasarkan research sehingga tercipta ekosistem bisnis yang relevan dan berkelanjutan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan. Hasil penelitian ini akan kami terapkan sebagai salah satu solusi dari pengembangan kualitas bahan pangan dengan fokus pemanjangan umur simpan pada komoditas cabai,” ujarnya.



Tim peneliti, Luluk Lusiantoro menjelaskan perkembangan penelitian mengenai beberapa teknologi alternatif yang dapat digunakan untuk menambah umur simpan produk. Teknologi ini untuk mengurangi waste dan berpengaruh pada umur simpan produk.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)