Pengamanan Gereja saat Natal di Jateng Libatkan Densus 88 dan BNPT

Kamis, 22 Desember 2022 - 12:45 WIB
loading...
Pengamanan Gereja saat Natal di Jateng Libatkan Densus 88 dan BNPT
Pengamanan gereja saat Natal di Jawa Tengah melibatkan Densus 88 dan BNPT.Foto/dok
A A A
SEMARANG - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah menyebut pengamanan gereja-gereja saat perayaan Natal di wilayahnya melibatkan Detasemen Khusus (Densus) 88/Antiteror Polri dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Totalnya ada 2.776 gereja di wilayah Jateng.

“Gereja semuanya prioritas. Ada prioritas 1, prioritas 2 dan prioritas 3. Masing-masing kapolres sudah tahu itu,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi sesaat setelah memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2022 di Lapangan Mapolda Jateng, Kota Semarang, Kamis (22/12/2022).

Sterilisasi gereja akan dilakukan sebelum perayaan Natal. Proses sterilisasi melibatkan unit K9 (satwa) hingga personil dari Brigade Mobil (Brimob).

“Penanganan teror itu klandestin (rahasia), tidak perlu saya ungkapkan,” lanjut Lutfi.

Baca juga: Polda DIY Lakukan Asistensi Penanganan Kasus Dugaan Bocah Terkena Peluru Nyasar

Potensi ancaman terjadinya aksi teror jadi salah satu prioritas pengamanan saat perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini. Ini juga sebagaimana amanat Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit yang dibacakan Lutfi pada saat memimpin gelar pasukan. Organisasi masyarakat (ormas) juga dilibatkan sebagai wujud toleransi umat beragama.

Kapolda mengatakan pihaknya menggelar Operasi Lilin Candi selama 11 hari terhitung mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Personil Polri yang dilibatkan 17.670 orang, ditambah 1.760 dari TNI dan ditambah instansi terkait, di antaranya; Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Badan SAR Nasional hingga Dinas Perhubungan.

Semuanya akan ditempatkan di total 283 pos pengamanan (pospam), pos pelayanan (posyan) dan pos terpadu. Selain jalur tengah dan jalur selatan, atensi pengamanan juga dilakukan di jalur pantura, pansela dan jalan tol. Bandara, terminal dan pelabuhan termasuk objek wisata juga jadi prioritas pengamanan
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1050 seconds (0.1#10.140)