18.855 Personel Gabungan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Jawa Timur 

Kamis, 22 Desember 2022 - 07:58 WIB
loading...
18.855 Personel Gabungan Siap Amankan Natal dan Tahun Baru di Jawa Timur 
Gubernur Khofifah Indar Parawanda bersama Kapolda Irjen Toni Harmanto dan Pangdam V Brawijaya di sela rakor persiapan pengamanan Nataru.
A A A
SURABAYA - Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru ( Nataru ), jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jatim menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Operasi Lilin Semeru 2022 di Gedung Mahameru Polda Jatim, Rabu (21/12/2022).

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyatakan kesiapsiagaan Pemprov Jatim dalam mengawal keamanan dan keselamatan masyarakat pada Nataru. Berdasarkan data Polda Jatim, pada Operasi Semeru 2022 kali ini akan diterjunkan total 18.855 orang personel gabungan dari berbagai elemen.

Secara rinci, personel terdiri dari 3.797 personil dari Pemprov Jatim, 11.186 personel Polri, 1.825 personel TNI dan 2.047 orang dari berbagai elemen masyarakat. "Semuanya dipastikan akan bekerja sama dalam mengawal kenyamanan, keamanan dan keselamatan masyarakat selama jalannya Nataru," katanya.

Baca juga: Kasus Segera Disidangkan, 5 Tersangka Tragedi Kanjuruhan Ditahan 20 Hari ke Depan

Selain kesiapan personel, kesiapan armada angkutan umum turut menjadi perhatian Pemprov Jatim. Tercatat 5.444 unit bis, 130 rangkaian kereta, 214 penerbangan dan 101 unit kapal laut disiapkan sebagai mode angkutan umum masyarakat menjelang perayaan Nataru.

Khofifah juga menegaskan kepada seluruh pihak bahwa pelaksanaan Nataru kali ini jauh berbeda dengan sebelumnya. Oleh sebab itu, dirinya meminta agar semua pihak bisa melakukan antisipasi berbagai layanan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dia mencontohkan, seluruh Fasilitas di Rumah Sakit Daerah maupun Swasta hingga Puskesmas harus stand by 24 jam. Karenanya, ia meminta fasilitas di Rumah Sakit dan Puskesmas di seluruh titik-titik yang perlu dilakukan antisipasi, semuanya dalam posisi terkoneksi. "Nataru kali ini mobilitas masyarakat akan naik sangat signifikan," terangnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto menyatakan, penyelenggaraan Rakor Persiapan Operasi Lilin Semeru 2022 Ini menjadi langkah antisipasi bagi aparat dalam mewujudkan Nataru 2022 yang aman bagi masyarakat.

"Jadi jika ada isu-isu teknis yang kemungkinan nantinya muncul, sudah kita lakukan antisipasi berdasarkan rekomendasi-rekomendasi yang dipaparkan tadi," tuturnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)