Gempa Bumi Dangkal M3,8 Guncang Kuningan, Tak Ada Kerusakan

Kamis, 22 Desember 2022 - 06:09 WIB
loading...
Gempa Bumi Dangkal M3,8 Guncang Kuningan, Tak Ada Kerusakan
Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dilanda gampa bumi dangkal M3,8. Belum ada laporan adanya kerusakan.
A A A
BANDUNG - Kabupaten Kuningan diguncang gempa bumi tektonik magnitudo 3,8 pada pukul 04:18:28 WIB, Kamis (22/12/2022). Episenter pada koordinat 6.99 LS dan 108.48 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 1 km Barat Daya Kuningan pada kedalaman 5 km.

BMKG menyebut, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Kuningan dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Di Cirebon dan Majalengka dirasakan dengan skala intensitas II - III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut," jelas Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hartanto.

Hingga pukul 05:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)