Libur Nataru, Puskesmas dan RS di Sleman Siaga 24 Jam

Selasa, 20 Desember 2022 - 02:30 WIB
loading...
Libur Nataru, Puskesmas dan RS di Sleman Siaga 24 Jam
Dinas Kesehatan Sleman menyiagakan layanan kesehatan selama 24 jam saat libur Nataru. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
SLEMAN - Puskesmas di wilayah Kabupaten Sleman bakal beroperasi selama 24 jam saat libur Natal dan Tahun Baru ( Nataru ) nanti. Tak hanya itu semua Rumah Sakit juta diminta untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) selama musim libur nanti.

Kepala Bidang Pelayanan Medis, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman, drg.Atikah Nurhesti mengatakan, Dinkes telah menyiagakan Puskesmas dan Rumah Sakit di musim libur Nataru nanti.

Pihaknya juga meminta semua Puskesmas dan Rumah Sakit untuk menyiagakan ambulans berikut sopir.



“Berkaca pada pengalaman buruk pelayanan Puskesmas Berbah belum lama ini, masyarakat tetap perlu memahami, bahwa ambulans pada prinsipnya adalah Puskesmas Keliling,” katanya, Senin (19/12/2022).

Menurutnya, mobil Puskesmas Keliling yang fungsinya sebagai pendekatan akses layanan dan merujuk pasien kegawatdaruratan.



Dia menekankan pada Puskesmas agar memberikan fungsi layanan ambulans kepada masyarakat, sesuai standar operasional prosedur.

Dia pun memastikan Puskesmas akan memberikan layanan 24 jam. Di antaranya diperuntukkan bagi layanan Pelayanan Obstetri Neonatal Emergency Komprehensif (PONEK) kedaruratan. Meliputi bersalin, nifas, bayi baru lahir dengan komplikasi.

"Rumah Sakit sudah kami minta untuk menambah SDM pelayanan pada 23 Desember 2022-1 Januari 2023," terangnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1847 seconds (0.1#10.140)