Jelang Nataru, BPOM Jatim Sita Ribuan Obat Kuat dan Kosmetik Ilegal

Senin, 19 Desember 2022 - 20:22 WIB
loading...
Jelang Nataru, BPOM Jatim Sita Ribuan Obat Kuat dan Kosmetik Ilegal
BPOM Jatim menyita ribuan obat kuat dan kosmetik ilegal menjelang perayaan natal dan tahun baru. Foto: iNewsTV/Yudha Prawira
A A A
SURABAYA - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru ( Nataru ), Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jawa Timur menyita ribuan obat kuat serta kosmetik illegal. Nilainya ditaksir mencapai Rp5,6 Miliar.

Ratusan kosmetik dan obat kuat ilegal ini merupakan sebagian barang bukti yang disita BPOM Jatim dengan total sebanyak 1.673 item atau 333.806 pcs kosmetik ilegal senilai Rp5,6 Miliar yang disita dalam pelaksanaan operasi menjelang Natal dan Tahun Baru.



Seluruh barang bukti tersebut ditunjukkan di Kantor BPOM Jawa Timur di Jalan Karang Menjangan, Surabaya, Senin (19/12/2022).



“Ribuan obat kuat serta kosmetik ilegal yang disita itu berasal dari 10 produsen dan akan dimusnahkan setelah berkekuatan hukum tetap atau yang telah diputus Pengadilan Negeri Surabaya,” kata Kepala BPOM Jawa Timur, Rustyawati.



BPOM berharap masyarakat harus berhati hati dengan maraknya peredaran kosmetik dan obat ilegal yang membahayakan kesehatan. “Pasalnya, penjualan barang ilegal ini mudah di dapat secara online,” tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)