Sandiaga Uno Resmikan Bandar Grisee Wisata Kampung Tua di Gresik

Senin, 19 Desember 2022 - 03:22 WIB
loading...
Sandiaga Uno Resmikan Bandar Grisee Wisata Kampung Tua di Gresik
Menteri Pariswisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno meresmikan destinasi wisata haritage berkonsep kampung tua berjuluk Bandar Grisee di Kabupaten Gresik. Foto/iNews TV/Agus Ismanto
A A A
GRESIK - Kemeriahan menyambut kedahiran Menteri Pariswisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno di Kabupaten Gresik, Minggu (18/12/2022) petang. Ribuan warga memadati kawasan wisata heritage, untuk menyaksikan peresmian Bandar Grisee.



Bandar Grisee yang diresmikan Sandiaga Uno, merupakan kawasan perkampungan tua di Kabupaten Gresik, yang memiliki beragam budaya. Di kawasan bersejarah tersebut, tumbuh subur budaya warga Gresik, yang menyatu dengan budaha Tionghoa, Arab, Bugis, hingga kolonial.



Sandiaga Uno sempat diajak berkeliling kawasan kampung tua Gresik tersebut, menggunakan mobil listrik karya siswa SMK PGRI Gresik. Mobil listrik tersebut, dikemudikan Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani.



Rombongan keliling kawasan Bandar Grisee, dari titik awal di situs cagar budaya Gedung Nasional Indonesia (GNI), lalu menyusuri destinasi wisata haritage. Sandiaga Uno begitu menikmati saat keliling kawasan bersejarah tersebut, dengan pengawalan komunitas sepeda ontel Gresik.

Usai menikmati Bandar Grisee yang berada di sekitar Pelabuhan Gresik tersebut, Sandiaga Uno langsung meresmikan wisata heritage yang memiliki sejarah panjang, tepatnya dimulai sejak abad 18. Kawasan wisata ini dibangun dengan anggaran dari APBD Kabupaten Gresik, senilai Rp47 miliar.

Sandiaga Uno Resmikan Bandar Grisee Wisata Kampung Tua di Gresik


Sandiaga Uno sangat mengapresiasi upaya Pemkab Gresik, yang telah merivitalisasi kawasan kampung tua menjadi destinasi wisata sejarah. "Saya sangat mengapresiasi langkah Pemkab Gresik, karena destinasi wisata ini menyuguhkan sejarah dan keragaman budaya kita," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)