Kirab Budaya Tukar Ajang Cobek, Cara Milenial Blitar Lestarikan Budaya Daerah

Minggu, 18 Desember 2022 - 19:40 WIB
loading...
Kirab Budaya Tukar Ajang Cobek, Cara Milenial Blitar Lestarikan Budaya Daerah
Ganjar Milenial Center (GMC) Kabupaten Blitar menggelar Kirab Budaya Tukar Ajang Cobek Desa Plumpungrejo di Kampung Tembikar, Desa Plumpungrejo, Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur, Minggu (18/12/22). Foto: Istimewa
A A A
BLITAR - Aksi kreatif dalam mempertahankan budaya lokal ditularkan Ganjar Milenial Center (GMC) Kabupaten Blitar kepada ratusan kawula muda dan warga setempat. Mereka menggelar 'Kirab Budaya Tukar Ajang Cobek Desa Plumpungrejo' di Kampung Tembikar, Desa Plumpungrejo, Kecamatan Kademangan, Blitar, Jawa Timur, Minggu (18/12/22).

Koordinator Daerah GMC Blitar, Alda mengatakan, adanya momentum tersebut untuk mempertahankan ragam kekayaan budaya daerah Blitar. Hal ini sangat penting dilakukan di tengah gempuran budaya asing yang terus menggerus budaya-budaya lokal.



"Alhamdulillah kegiatan ini dihadiri ratusan masyarakat lokal, mereka antusias mengikuti acara yang digagas oleh Ganjar Milenial Center. Kami juga mengadakan lomba melukis cobek yang diikuti anak-anak muda," katanya.

Alda menyebut, aksi bertajuk 'Melestarikan Budaya dan Merawat Keberagaman' ini juga mengikuti jejak Ganjar Pranowo yang sangat peduli dengan budaya bangsa. Semangat melestarikan budaya selalu digaungkan Ganjar ketika duduk di kursi DPR maupun Gubernur Jawa Tengah.



Di beberapa kesempatan, Ganjar kerap menari saat ada pertunjukan tari tradisional di wilayahnya. Selain itu, Ganjar juga bermain ketoprak dengan dua seniman kawakan, Susilo Nugroho dan Dayat, aksinya itu menghebohkan panggung ketoprak 'Sumpah Amukti Palapa' pada Sabtu malam (10/12/2022).

" Ganjar adalah motivasi kami untuk selalu menjaga budaya kita agar menjadi negara yang kuat. Bahkan, Ayah Ganjar memberikan contoh para ASN di Jateng untuk memakai seragam adat setiap hari Kamis," tegasnya.



Alda turut mengajak seluruh kawula muda untuk bisa memilih pemimpin yang memiliki perhatian tinggi pada budaya. Kriteria tersebut diyakini ada dalam diri Ganjar Pranowo.

Ketua Karang Taruna Kampung Tembikar, Adin mengapresiasi GMC Blitar yang telah mengenalkan Kampung Tembikar ke ranah yang lebih luas lagi. Dalam upaya melestarikan budaya, Adin bersama kalangan muda lainnya siap mendukung Ganjar menjadi Presiden.

"Kami berterimakasih kepada Ganjar Milenial Center, tentu kami masyarakat sini juga mendukung dan mendoakan ayah Ganjar Pranowo untuk bisa menjadi Presiden di tahun 2024," pungkasnya
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)