Banjir Terjang Kolaka, 100 Rumah Terendam dan 30 Perahu Nelayan Rusak Terbawa Arus

Minggu, 18 Desember 2022 - 12:26 WIB
loading...
Banjir Terjang Kolaka, 100 Rumah Terendam dan 30 Perahu Nelayan Rusak Terbawa Arus
Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara membuat sungai di Kecamatan Iwoimendaa meluap. iNews TV/Rusli
A A A
KOLAKA - Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara membuat sungai di Kecamatan Iwoimendaa meluap . Akibatnya 100 rumah warga di Desa Iwoimendaa terendam banjir. Tidak hannya itu, sekitar 30 unit perahu nelayan juga rusak dan hanyut .

Kades Iwoimendaa, Munawar Halil mengatakan, sungai meluap mulai pukul 19.30 Wita pada Sabtu (17/12/2022) malam hingga pukul 04.00 Wita.

Ketinggian air yang mencapai 1,5 meter mengakibatkan sejumlah rumah rusak hingga warga tedampak diungsikan. "Kami hubungi para aparat desa agar mengarahkan warga mengungsi karena arus sungai membahayakan," ujarnya, Minggu (18/12/2022).

Selain rumah penduduk, kompleks pasar tradisional dan MAN II Iwoimendaa serta pelelangan ikan setempat juga terendam. Adapun perahu nelayan yang berlabuh di aliran sungai banyak yang rusak dan beberapa di antaranya masih dicari karena hanyut terbawa arus.

Demikian juga jembatan sepanjang 64 meter dengan lebar 1,7 meter yang menghubungkan Dusun II menuju Desa Lasiroku juga rusak.

Kendaraan roda dua tidak bisa melintas terkecuali pejalan kaki. "Masyarakat sementara bersih-bersih rumahnya namun saya sarankan jangan ditinggali dulu karena sekarang kembali hujan deras," imbuhnya.

Baca: Banjir dan Longsor Terjang Sumedang, 2 Warga Terseret Arus Belum Ditemukan.

Pihaknya sementara membuat posko pengungsian dan menalangi bantuan kebutuhan konsumsi warganya karena selain sembako, peralatan dapur mereka banyak yang tidak bisa dipakai.

Di Desa Ulukalo, air juga dilaporkan menggenangi beberapa rumah dan satu unit excavator terseret arus. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)