Wara wiri Labuan Bajo, Rachmat Julio Sukses di Usia Muda

Jum'at, 16 Desember 2022 - 18:11 WIB
loading...
Wara wiri Labuan Bajo, Rachmat Julio Sukses di Usia Muda
Rachmat Julio (kiri), pengusaha muda yang sukses dalam bisnisnya sebagai operator travel di Indonesia. (Ist)
A A A
FLORES - Keberhasilan bukanlah milik orang yang pintar, tapi milik mereka yang senantiasa berusaha dan pantang menyerah.

Seperti ungkapan Arab yang lazim diucapkan dan terkenal di kalangan pesantren yaitu “Man Jadda WaJada” yang artinya “Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil”.

Hal inilah yang dialami langsung oleh Rachmat Julio, pengusaha muda yang sukses dalam bisnisnya sebagai operator travel di Indonesia. Melalui bendera bisnisnya bernama Anjani Trip, pengusaha muda yang akrab disapa Julio itu kini sudah punya banyak kapal pesiar berjenis Phinisi.

Di Kalangan pebisnis operator travel di Indonesia, khususnya di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), sosok Rachmat Julio tentu sudah tidak asing lagi. Dirinya sempat wara wiri di berbagai media massa mengkampanyekan tagar Kembaliberwisata saat dunia pariwisata terpuruk akibat Pandemi Covid-19 lalu.

Kata Rachmat Julio, bukan hal mudah untuk bisa bangkit dari kondisi tersebut. Namun ia yakin bahwa setiap aksi akan ada reaksi. Pun dia sudah terbiasa jatuh bangun dalam membangun bisnis.

"Inilah tantangan dari seorang pebisnis mas. Kita tidak bisa memastikan bisnis yang kita bangun itu langsuns berhasil. Itu tidak mungkin," kata Rachmat Julio di Jakarta, Jumat (16/12/2022).

Sekretari Jenderal (Sekjend) Asosiasi KEMBERIN itu menceritakan masa remajanya, ketika ia duduk dibangku SMA, ia dikenal nakal sehingga akhirnya di drop out dari sekolah. Bahkan dia mendapat stigma kurang baik dari salah seorang gurunya sebagai anak yang tidak punya masa depan.

"Tapi itu saya anggap motivasi saya agar lebih giat lagi dan membuktikan kepada mereka bahwa anggapan mereka waktu itu kepada saya salah," tuturnya.

Terlepas dari itu, dia mengaku, sejak SMP sudah aktif berjualan baik secara online maupun offline dengan memanfaatkan forum jual beli di Kaskus dan media sosial.

Pria yang kini menjabat sebagai Bendahara Umum HIPMI Manggarai Barat (Mabar) itu bercerita saat dirinya merintis bisnis. Berbekal rasa ingin tahu yang besar dan senang mengeksplorasi dunia. Rachmat Julio menjajal keindahan alam Indonesia dengan bergabung dengan kelompok pecinta alam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)