Jawa Timur Berkontribusi 7 Persen Bagi Perekonomian Negara ASEAN

Sabtu, 10 Desember 2022 - 08:47 WIB
loading...
Jawa Timur Berkontribusi 7 Persen Bagi Perekonomian Negara ASEAN
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak.
A A A
SURABAYA - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak menyampaikan bahwa, kontribusi ekonomi Jawa Timur bagi negara-negara di ASEAN hampir mencapai 7 persen.

Kabar itu diketahui Emil setelah sebelumnya dia menghadiri pertemuan bersama para pemimpin pemerintahan daerah se ASEAN di Phnom Phen, Kamboja beberapa waktu lalu. Setelah pertemuan tersebut, dirinya menghitung-hitung bahwa ASEAN akan menjadi salah satu negara ekonomi gabungan terbesar keempat di dunia.

"Dari seluruh perekonomian di kawasan ASEAN, Jatim menyumbang hampir 7 persen," kata Emil dalam sebuah acara di Surabaya, Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Kabupaten Sukabumi Fashion and Culinary Nite Festival 2022 Agenda Tahunan

Dengan demikian, lanjut Wagub Emil, berita bagusnya adalah di dalam ASEAN yang diproyeksikan pada 2040 Indonesia akan menjadi top 4 besar, maka dipastikan setengah perekonomian ASEAN bertumpu dari Indonesia. "Setengahnya dari Indonesia maka kita bisa menjadi pemimpin di kawasan ASEAN," ujarnya.

Melihat kondisi tersebut, setiap bertemu perwakilan dari negara asing, Emil ingin Jatim menjadi pintu gerbang menuju ASEAN. Caranya, dengan merebut pasar-pasar ASEAN. Sebab saat ini merupakan posisi yang sangat strategis apalagi pasca pandemi COVID-19.

"Kami berusaha membenahi infrastruktur semaksimal mungkin melalui Perpres 80. Kita mendorong pembangunan kawasan industri. Jalan tol nyambung sampai Solo, Probolinggo dan Malang. Lalu ada pelebaran jalan yang akan dilakukan dari arah Surabaya ke Manyar. Ini bertujuan meningkatkan daya saing infrastruktur dan ini yang kita harapkan," tuturnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2354 seconds (0.1#10.140)